Solihah, Werdi Nur (2018) Pengaruh Model Ctl Berbasis Keunggulan Lokal Terhadap Literasi Sains Siswa Pada Materi Arthropoda, Pisces, Dan Reptilia Di Man Purbalingga. S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[thumbnail of Cover Werdi Nur Sholihah.pdf]
Preview
Text
Cover Werdi Nur Sholihah.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Bab I _Werdi Nur Sholihah.pdf]
Preview
Text
Bab I _Werdi Nur Sholihah.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab II _Werdi Nur Sholihah.pdf]
Preview
Text
Bab II _Werdi Nur Sholihah.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab III _Werdi Nur Sholihah.pdf] Text
Bab III _Werdi Nur Sholihah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab IV _Werdi Nur Sholihah.pdf] Text
Bab IV _Werdi Nur Sholihah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab V _Werdi Nur Sholihah.pdf] Text
Bab V _Werdi Nur Sholihah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka Werdi Nur Sholihah.pdf]
Preview
Text
Daftar Pustaka Werdi Nur Sholihah.pdf

Download (996kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran Werdi Nur Sholihah.pdf] Text
Lampiran Werdi Nur Sholihah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasi Experimental, berlokasi di
MAN Purbalingga, yang dilaksanakan pada bulan Maret sampai Mei 2018. Subyek
penelitian adalah siswa kelas X IPA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
pengaruh model Contextual Teaching and Learning (CTL) berbasis keunggulan lokal
terhadap literasi sains siswa pada materi Arthropoda, Pisces dan Reptilia di MAN
Purbalingga. Desain penelitian yaitu Posttest only - control group design. Teknik
sampling yang digunakan adalah Cluster Random Sampling. Sampel penelitian
sebanyak 60 siswa yaitu 30 siswa kelas X IPA 5 sebagai kelas kontrol dan 30 siswa X
IPA 4 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah
tes tertulis dan observasi. Tes tertulis digunakan untuk mengukur aspek konten dan
aspek konteks literasi sains siswa. Observasi digunakan untuk mengukur aspek proses
literasi sains siswa. Analisis data yang digunakan adalah uji t, Chi-Square, dan uji
korelasi Eta. Hasil penelitian menunjukan pengaruh model pembelajaran Contextual
Teaching and Learning berbasis keunggulan lokal terhadap literasi sains sebesar
0,438 (cukup kuat); konten literasi sains pertemuan 1 sebesar 0,053 (sangat lemah);
konten literasi sains pertemuan 2 sebesar 0,157 (sangat lemah); konteks literasi sains
pertemuan 1 sebesar 0,668 (kuat); konteks literasi sains pertemuan 2 sebesar 0,017
(sangat lemah); proses literasi sains pertemuan 1 sebesar 0,117 (sangat lemah); proses
literasi sains pertemuan 2 sebesar 0,170 (sangat lemah). Kesimpulan penelitian yaitu
terdapat pengaruh dari model pembelajaran Contextual teaching and learning
berbasis keunggulan lokal terhadap literasi sains siswa pada materi Arthropoda,
Pisces dan Reptilia di MAN Purbalingga

Dosen Pembimbing: unspecified | unspecified
Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing: Mufida Nofiana, M.Pd dan Teguh Julianto, M.Si
Uncontrolled Keywords: Model Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbasis Keunggulan Lokal; Literasi Sains Siswa; Materi Arthropoda, Pisces, dan Reptilia
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi S1
Depositing User: Agus Imam
Date Deposited: 10 Sep 2020 00:44
Last Modified: 10 Feb 2025 03:05
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/10055

Actions (login required)

View Item View Item