PRIHANDAYU, OPNOFTI (2018) PENGARUH MODEL CTL BERBASIS KEUNGGULAN LOKAL TERHADAP LITERASI SAINS SISWA PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN DI SMA NEGERI 1 SOKARAJA. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
Preview |
Text
Cover Opnofti Prihandayu.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
Bab I_ Opnofti Prihandayu.pdf Download (988kB) | Preview |
Preview |
Text
Bab II_ Opnofti Prihandayu.pdf Download (1MB) | Preview |
![]() |
Text
Bab III_ Opnofti Prihandayu.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
Bab IV_ Opnofti Prihandayu.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
Bab V_ Opnofti Prihandayu.pdf Restricted to Registered users only Download (898kB) |
Preview |
Text
Daftar Pustaka Opnofti Prihandayu.pdf Download (1MB) | Preview |
![]() |
Text
Lampiran Opnofti Prihandayu.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasi Experimental yang
berlokasi di SMA Negeri 1 Sokaraja. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan
Maret sampei bulan Mei dengan subjek penelitian adalah kelas X MIPA SMA
Negeri 1 Sokaraja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model
CTL berbasis keunggulan lokal terhadap literasi sains siswa pada materi
perubahan lingkungan di SMA Negeri 1 Sokaraja. Sampel dalam penelitian ini
adalah kelas X MIPA 6 sebagai kelas kontrol dan kelas X MIPA 3 sebagai kelas
eksperimen yang ditetapkan menggunakan teknik Cluster Random Sampling.
Desain penelitian yaitu postest only control group design. Instrumen yang
digunakan adalah tes dan non tes. Teknik pengumpulan data yang digunakan
adalah tes tertulis dan observasi. Tes tertulis digunakan untuk mengukur aspek
konten dan aspek konteks literasi sains siswa. Observasi digunakan untuk
mengukur aspek proses literasi sains siswa. Analisis data yang digunakan adalah
uji t, Chi-Square, dan uji korelasi Eta. Hasil penelitian menunjukkan pengaruh
penerapan model CTL berbasis keunggulan lokal terhadap kemampuan literasi
sains siswa sebesar 0,982 (sangat kuat). Aspek literasi sains siswa terdiri dari 3
aspek. Pengaruh pada aspek konten pertemuan 1 lemah (0,257), pertemuan 2 kuat
(0,735); aspek konteks pertemuan 1 sangat kuat (0,888), pertemuan 2 sangat kuat
(0,877); aspek proses pertemuan 1 sangat kuat (0,944), pertemuan 2 sangat kuat
(0,980). Kesimpulan penelitian yang dilakukan adalah penerapan model CTL
keunggulan lokal berpengaruh terhadap kemampuan literasi sains siswa pada
materi perubahan lingkungan di SMA Negeri 1 Sokaraja.
Dosen Pembimbing: | unspecified | unspecified |
---|---|
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
Additional Information: | Pembimbing: Mufida Nofiana, M.Pd dan Teguh Julianto, S.Pd., M.Si |
Uncontrolled Keywords: | Model CTL Berbasis Keunggulan Lokal, Literasi Sains Siswa, Perubahan Lingkungan. |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi S1 |
Depositing User: | Agus Imam |
Date Deposited: | 09 Sep 2020 23:53 |
Last Modified: | 13 Dec 2024 01:18 |
URI: | http://repository.ump.ac.id/id/eprint/10051 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |