PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA BILANGAN ROMAWI DI KELAS IV SEKOLAH DASAR

RAHAYU,, EKA (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA BILANGAN ROMAWI DI KELAS IV SEKOLAH DASAR. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (539kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (778kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (854kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (884kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (619kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (603kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)

Abstract

Media merupakan salah satu alat penunjang dalam proses pembelajaran didalam kelas, namun media yang digunakan pada saat ini masih kurang maksimal. Penulis telah mengembangkan media permainan ular tangga bilangan roma wi di kelas IV Sekolah Dasar, menggunakan model Research and Develompent (R & D) yang bertujuan untuk: 1) Mengetahui bentuk pengembangan media permainan ular tangga bilangan romawi, 2) Mengetahui kelayakan pengembangan media permainan ular tangga bilangan romawi. 3) Mengetahui pengaruh media permainan ular tangga bilangan romawi terhadap prestasi belajar siswa. 4) Mengetahui respon guru terhadap pengembangan media permainan ular tangga bilangan romawi. 5) Mengetahui respon siswa terhadap pengembangan media permainan ular tangga bilangan romawi. Populasi yang digunakan sebanyak 2 kelas yang terdiri dari 16 siswa kelas IV A dan 20 siswa kelas IV B SD N 1 Kutasari, di UPK Baturraden. Teknik pengumpulan data menggunakan tes ( prettest dan posttest ) dan non tes yaitu validitas ahli, angket respon penilaian guru, angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukan hasil bahwa 1) penggunaan media pembelajaran di SD N 1 Kutasari masih belum optimal, 2) pengembangan media permainan ular tangga bilangan romawi dinyatakan valid oleh dua validator, 3) media permainan ular tangga bilangan romawi menarik sehingga dapat membuat siswa antusias dan aktif dalam mengikuti pembelajaran, 4) penilaian guru sangat baik terhadap pengembangan media permainan ular tangga bilangan romawi, 5) Respon siswa positif terhadap pengembangan media permainan ular tangga bilangan romawi, 6) pengembangan media permainan ular tangga bilangan romawi materi lambang bilangan romawi berpengaruh baik terhadap prestasi belajar siswa dapat dilihat melalui hasil uji hipotesis menggunakan Uji Mann Whitney yaitu -0,468 .

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sony Irianto, M.Pd., dan Cicih Wiarsih, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran matematika, media permaian ular tangga, materi lambang bilangan romawi.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 26 Sep 2017 01:42
Last Modified: 26 Sep 2017 01:42
URI: https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/4352

Actions (login required)

View Item View Item