ANALISIS WACANA PERSUASIF DALAM IKLAN PRODUK KECANTIKAN PADA LAMAN INSTAGRAM WARDAHBEAUTY PERIODE 2018-MARET 2019

CAHYA, FIKRYANI MAULIDYA (2019) ANALISIS WACANA PERSUASIF DALAM IKLAN PRODUK KECANTIKAN PADA LAMAN INSTAGRAM WARDAHBEAUTY PERIODE 2018-MARET 2019. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Fikryani Maulidya Cahya_JUDUL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Fikryani Maulidya Cahya_BAB I.pdf

Download (708kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Fikryani Maulidya Cahya_BAB II.pdf

Download (838kB) | Preview
[img] Text
Fikryani Maulidya Cahya_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (765kB)
[img] Text
Fikryani Maulidya Cahya_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Fikryani Maulidya Cahya_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (683kB)
[img]
Preview
Text
Fikryani Maulidya Cahya_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (680kB) | Preview
[img] Text
Fikryani Maulidya Cahya_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian yang berjudul Analisis Wacana Persuasif dalam Iklan Produk Kecantikan pada laman Instagram Wardahbeauty Periode 2018-Maret 2019 ini bertujuan untuk mendeskripsikan teknik-teknik persuasif dalam iklan produk kecantikan pada laman Instagram Wardahbeauty periode 2018-Maret 2019, aspek dan efek komunikasi dalam iklan produk kecantikan pada laman Instagram Wardahbeauty periode 2018-Maret 2019. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini 38 data wacana tulis pada iklan produk kecantikan pada laman Instagram Wardahbeuaty periode 2018-Maret 2019. Sementara itu, sumber data dalam iklan produk kecantikan yang terdapat pada laman Instagram Wardahbeauty periode 2018-Maret 2019. Metode dan teknik penelitian ini dibagi menjadi tiga macam, yaitu tahap penyediaan data, tahap analisis data serta penyajian hasil ananlisis data. Tahap penyediaan data ini menggunakan metode simak dengan teknik Simak Bebas Libat Cakap (SBLC). Tahap analisis data ini menggunakan metode padan referensial dengan teknik dasar Pilah Unsur Penentu (PUP). Tahap penyajian hasil analisis data ini menggunakan metode penyajian informal yaitu penyajian dengan kata-kata biasa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa analisis wacana persuasif dalam iklan produk kecantikan pada laman Instagram Wardahbeauty periode 2018-Maret 2019 dapat disimpulkan bahwa teknik persuasif terdapat teknik asosiasi, teknik ganjaran, dan teknik tataan. Dalam wacana persuasif iklan produk kecantikan pada laman Instagram Wardahbeauty periode 2018-Maret 2019 tidak menemukan teknik integrasi dan teknik red-herring. Wacana persuasif dalam iklan produk kecantikan di laman Instagram Wardahbeauty periode 2018-Maret 2019 tidak ada yang menggunakan lima teknik persuasif secara lengkap. Selanjutnya pada aspek dan efek komunikasi yang digunakan pada wacana persuasif dalam iklan produk kecantikan di laman Instagram Wardahbeauty periode 2018-Maret 2019 terdapat aspek fisik, aspek sosial, efek positif. Wacana iklan produk kecantikan pada laman Instagram Wardahbeauty periode 2018-Maret 2019 penulis tidak menemukan aspek psikologis, aspek aspek waktu dan efek negatif. Wacana iklan produk kecantikan pada laman Instagram Wardahbeuaty periode 2018-Maret 2019 tidak ada yang menggunakan aspek dan efek komunikasi secara lengkap.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Isnaeni Praptanti, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Persuasif; Teknik; Iklan Produk Kecantikan; Laman Instagram Wardahbeauty
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Bandriyah .
Date Deposited: 23 Apr 2020 08:37
Last Modified: 23 Apr 2020 08:37
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/9997

Actions (login required)

View Item View Item