PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF DAN SIKAP ILMIAH PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN STM (SAINS, TEKNOLOGI, MASYARAKAT) TEMA 8 DI KELAS V SD NEGERI 1 PURWOKERTO LOR

KAROMAH, TIYAS CAHYANING (2019) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF DAN SIKAP ILMIAH PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN STM (SAINS, TEKNOLOGI, MASYARAKAT) TEMA 8 DI KELAS V SD NEGERI 1 PURWOKERTO LOR. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Tiyas Cahyaning Karomah_JUDUL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Tiyas Cahyaning Karomah_BAB I.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Tiyas Cahyaning Karomah_BAB II.pdf

Download (362kB) | Preview
[img] Text
Tiyas Cahyaning Karomah_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (363kB)
[img] Text
Tiyas Cahyaning Karomah_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Tiyas Cahyaning Karomah_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (239kB)
[img]
Preview
Text
Tiyas Cahyaning Karomah_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (248kB) | Preview
[img] Text
Tiyas Cahyaning Karomah_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif dan sikap ilmiah peserta didik melalui model STM (Sains, Teknologi, Masyarakat). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan dengan masing-masing pertemuan satu rencana pembelajaran. Penelitian ini terdiri dari tahapan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Negeri 1 Purwokerto Lor yang berjumlah 30 peserta didik. Alat pengumpulan data menggunakan tes keterampilan berpikir kreatif, lembar aktivitas guru, lembar aktivitas peserta didik, dan lembar skala sikap ilmiah peserta didik. Hasil peningkatan tes keterampilan berpikir kreatif peserta didik pada siklus I memperoleh jumlah skor 30,25 dengan rata-rata sebesar 3,1 dan termasuk dalam kriteria kurang dan pada siklus II memperoleh skor 35 dengan rata-rata 3,6 dan termasuk dalam kriteria baik. Hasil tes evaluasi menunjukan peningkatan keterampilan berpikir kreatif peserta didik dari siklus I ke siklus II. Hasil skala sikap ilmiah peserta didik yang diisi oleh peserta didik pada siklus I memperoleh rata-rata 3,2 dengan kriteria baik, meningkat pada siklus II menjadi 3,6 dengan kriteria sangat baik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model STM dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif dan sikap ilmiah peserta didik tema 8 Lingkungan Sahabat Kita di kelas V SD Negeri 1 Purwokerto Lor.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Karma Iswasta Eka, M.Si. dan Badarudin, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Berpikir Kreatif; Sikap Ilmiah dan Model STM
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Bandriyah .
Date Deposited: 02 Mar 2020 03:19
Last Modified: 02 Mar 2020 03:19
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/9865

Actions (login required)

View Item View Item