PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMA 8 DAERAH TEMPAT TINGGALKU DI KELAS IV SEKOLAH DASAR

ANUGRAHANI, SURYA (2019) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMA 8 DAERAH TEMPAT TINGGALKU DI KELAS IV SEKOLAH DASAR. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (677kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (804kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (842kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (657kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (715kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar siswa ranah kognitif, afektif, dan psikomotor sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain Non equivalent (Pre-Test and Post-Test) Control Group Design. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV di SD Negeri 1 Bogangin, dengan jumlah siswa sebanyak 40 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes dan non tes. Tes berupa soal kognitif pilihan ganda pretest dan posttest yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar ranah kognitif dan ranah psikomotor sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Non tes berupa lembar angket untuk mengetahui respon yang bertujuan untuk mengetahui hasil belajar dalam bidang afektif. Analisis data menggunakan uji Independent Sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Hasil uji hipotesis pertama diperoleh nilai thitung > ttabel yaitu 2,230 > 1,685 sehingga menunjukkan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar siswa ranah kognitif pada siswa yang memperoleh model pembelajaran discovery learning. (2) Hasil uji hipotesis kedua diperoleh nilai thitung > ttabel yaitu 2,192 > 1,685 sehingga menunjukkan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar siswa ranah afektif pada siswa yang memperoleh model pembelajaran discovery learning. (3) Hasil uji hipotesis ketiga diperoleh nilai thitung > ttabel yaitu 2,373 > 1,685 sehingga menunjukkan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar siswa ranah psikomotor pada siswa yang memperoleh model pembelajaran discovery learning.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Karma Iswasta Eka, M.Si., dan Aji Heru Muslim, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: discovery learning, hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 07 Jan 2020 03:44
Last Modified: 07 Jan 2020 03:44
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/9771

Actions (login required)

View Item View Item