UPAYA MENINGKATKAN RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) MENGGUNAKAN MEDIA PAPAN STATISTIK PADA MATERI STATISTIKA DI KELAS IV SD NEGERI 1 KEDIRI

AMBARTIWI, DINI RATNA (2019) UPAYA MENINGKATKAN RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) MENGGUNAKAN MEDIA PAPAN STATISTIK PADA MATERI STATISTIKA DI KELAS IV SD NEGERI 1 KEDIRI. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (919kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (805kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (619kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (692kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini1) Apakah peningkatan prestasi belajar peserta didik melalui model kooperatif tipe (TGT) menggunakan media papan statistik pada materi statistika di kelas IV SD Negeri 1 Kediri. 2) Apakah peningkatan rasa ingin tahu peserta didik melalui model kooperatif tipe (TGT) menggunakan media papan statistik pada materi statistika di kelas IV SD Negeri 1 Kediri. Pengumpulan data tes berupa lembar evaluasi. Non tes berupa lembar observasi aktivitas guru, aktivitas peserta didik, rasa ingin tahu, angket rasa ingin tahu serta dokentasi. Subjek penelitian yaitu peserta didik kelas IV dengan jumlah 29. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model kooperatif tipe (TGT) mampu meningkatkan prestasi belajar dan rasa ingin tahu peserta didik. Pada siklus I prestasi belajar peserta didik memperoleh rata-rata kelas 71,72 dengan ketuntasan belajar 72,41%. Rasa ingin tahu pada siklus I memperoleh rata-rata 3,01. Siklus II prestasi belajar peserta didik memperoleh rata-rata 79,31 dengan ketuntasan belajar 82,75%. Rasa ingin tahu pada siklus II memperoleh rata-rata 3,51. Disimpulkan bahwa model kooperatif tipe(TGT) menggunakan media papan statistik dapat meningkatkan prestasi belajar dan rasa ingin tahu peserta didik pada pembelajaran Matematika materi statistika. Peneliti menyarankan agar para guru melaksanakan pembelajaran yang menyenangkan salah satunya melalui model kooperatif tipe (TGT) menggunakan media papan statistik.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Sri Muryaningsih, M.Pd dan Asih Ernawati,Ph.D
Uncontrolled Keywords: rasa ingin tahu, prestasi belajar, model kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT), media papan statistik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 07 Jan 2020 01:44
Last Modified: 07 Jan 2020 01:44
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/9764

Actions (login required)

View Item View Item