PENGARUH METODE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFE) TERHADAP RASA PERCAYA DIRI DAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS V SDN JIPANG KECAMATAN KARANGLEWAS

KHOTIMAH, . (2016) PENGARUH METODE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFE) TERHADAP RASA PERCAYA DIRI DAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS V SDN JIPANG KECAMATAN KARANGLEWAS. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_KHOTIMAH_PGSD'16.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_KHOTIMAH_PGSD'16.pdf

Download (635kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_KHOTIMAH_PGSD'16.pdf

Download (736kB) | Preview
[img] Text
BAB III_KHOTIMAH_PGSD'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (779kB)
[img] Text
BAB IV_KHOTIMAH_PGSD'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (932kB)
[img] Text
BAB V_KHOTIMAH_PGSD'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (623kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_KHOTIMAH_PGSD'16.pdf

Download (621kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_KOTIMAH_PGSD'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya rasa percaya diri dan keterampilan berbicara siswa kelas V SD Negeri Jipang, Kecamatan Karanglewas. Rasa percaya diri dan keterampilan berbicara merupakan hal penting bagi siswa untuk menunjang kehidupan siswa nantinya baik dilingkungan sekolah maupun dalam masyarakat. Maka dari itu diharapkan rasa percaya diri dan keterampilan berbicara siswa dapat ditumbuhkembangkan. Salah satu upaya yang dilakukan untuk memecahkan masalah tersebut adalah dengan menerapkan metode Student Facilitator and Explaining (SFE) dalam pembelajaran pada kelas V SD Negeri Jipang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh metode Student Facilitator and Explaining terhadap rasa percaya diri dan keterampilan berbicara siswa kelas V SD Negeri Jipang, Kecamatan Karanglewas. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang dilaksanakan dengan desain quasi experimental design. Subjek penelitian ini adalah kelas V SD Negeri Jipang Kecamatan Karanglewas yang terdiri dari siswa kelas VB yang berjumlah 30 orang sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VA yang berjumlah 28 orang sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa teknik non tes (observasi, skala sikap, wawancara tidak terstruktur dan dokumentasi). Untuk dapat memperoleh data hasil penelitian sikap percaya diri siswa, digunakan lembar skala sikap pada akhir pertemuan. Sedangkan untuk memperoleh data penelitian keterampilan berbicara siswa, digunakan lembar observasi. Observasi ini dilakukan ketika siswa melakukan praktik berbicara di depan kelas. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh nilai skala sikap percaya diri siswa kelas eksperimen mencapai 90% dan kelas kontrol mencapai 67,85%. Sedangkan untuk nilai observasi keterampilan berbicara siswa pada kelas eksperimen mencapai 73,3% yang telah mencapai batas ketuntasan dan pada kelas kontrol diperoleh hasil 42,85% yang mencapai batas ketuntasan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode Student Facilitator and Explaining (SFE) berpengaruh terhadap rasa percaya diri dan keterampilan berbicara siswa kelas V SD Negeri Jipang, Kecamatan Karanglewas.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sri Harmianto, M.Pd., dan Lia Mareza, M.A,
Uncontrolled Keywords: keterampilan berbicara, rasa percaya diri, Student Facilitator and Explaining (SFE).
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 13 Mar 2017 08:24
Last Modified: 13 Mar 2017 08:24
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/974

Actions (login required)

View Item View Item