ASUHAN KEPERAWATAN PADA NY. S P3A1 DENGAN MASALAH KEPERAWATAN NYERI AKUT POST SECTIO CAESAREA HARI KE-2 ATAS INDIKASI GAGAL INDUKSI DI RUANG BOUGENVIL RSUD dr. R GOETENG TAROENADIBRATA PURBALINGGA

CHOTIMAH, SISKA (2016) ASUHAN KEPERAWATAN PADA NY. S P3A1 DENGAN MASALAH KEPERAWATAN NYERI AKUT POST SECTIO CAESAREA HARI KE-2 ATAS INDIKASI GAGAL INDUKSI DI RUANG BOUGENVIL RSUD dr. R GOETENG TAROENADIBRATA PURBALINGGA. Diploma thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
SISKA CHOTIMAH COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
SISKA CHOTIMAH BAB I.pdf

Download (672kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SISKA CHOTIMAH BAB II.pdf

Download (982kB) | Preview
[img] Text
SISKA CHOTIMAH BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (785kB)
[img] Text
SISKA CHOTIMAH BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (742kB)
[img] Text
SISKA CHOTIMAH BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (582kB)
[img]
Preview
Text
SISKA CHOTIMAH DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (661kB) | Preview
[img] Text
SISKA CHOTIMAH LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar Belakang: Tindakan induksi persalinan pada tahun 2007 terjadi antara 10% sampai 20% dari seluruh persalinan dengan berbagai indikasi baik dari ibu maupun dari janinnya. WHO menemukan di Indonesia dari 500.000 ibu bersalin dengan risiko, 200.000 diantaranya dilakukan induksi persalinan dan 300.000 melakukan seksio sesarea. Induksi persalinan elektif menyebabkan peningkatan kejadian sectio caesarea 2–3 kali lipat. Tujuan: Mengeksplorasi masalah keperawatan dan melakukan asuhan keperawatan pada Ny. S P3A1 dengan masalah keperawatan nyeri akut post sectio caesarea hari Ke-2 atas indikasi gagal induksi secara komperhensif, dengan pendekatan proses keperawatan. Metode: Metode pengumpulan data menggunakan teknik wawancara langsung, observasi dan pemeriksaan fisik serta diagnostik. Pengumpulan data dan pengelolaan kasus dilakukan selama 2 hari. Hasil: Masalah keperawatan yang ditemukan yaitu nyeri akut berhubungan dengan agen injuri fisik, defisiensi pengetahuan berhubungan dengan kurang informasi cara penyimpanan ASI, dan resiko infeksi berhubungan dengan prosedur invasif. Hal ini membuktikan tidak adanya kesenjangan antara kasus dilapangan dengan studi literatur. Kesimpulan: Masalah keperawatan utama pada kasus ini adalah nyeri akut. Evaluasi dari masalah yang dirumuskan dapat teratasi sesuai dengan tujuan yang dibuat. Penatalaksanaan managemen nyeri dengan teknik relaksasi genggam jari sangat evektif untuk mengurangi ambang nyeri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing: Ns. Devita Elsanti, S. Kp.,M.Sc
Uncontrolled Keywords: Gagal induksi, Post Partum, Post Sectio Caesarea
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Diploma Keperawatan
Depositing User: Yuni Sri Subkhaini
Date Deposited: 10 Mar 2017 03:52
Last Modified: 10 Mar 2017 03:52
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/965

Actions (login required)

View Item View Item