UPAYA MENINGKATKAN SIKAP TANGGUNG JAWAB DAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI STRATEGI GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER PADA SISWA KELAS IV SDN 3 KARANGTENGAH

FADILAH, ANNA NUR (2016) UPAYA MENINGKATKAN SIKAP TANGGUNG JAWAB DAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI STRATEGI GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER PADA SISWA KELAS IV SDN 3 KARANGTENGAH. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_ANNA NUR FADILAH_PGSD'16.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_ANNA NUR FADILAH_PGSD'16.pdf

Download (552kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_ANNA NUR FADILAH_PGSD'16.pdf

Download (672kB) | Preview
[img] Text
BAB III_ANNA NUR FADILAH_PGSD'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (816kB)
[img] Text
BAB IV_ANNA NUR FADILAH_PGSD'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V_ANNA NUR FADILAH_PGSD'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (539kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_ANNA NUR FADILAH_PGSD'16.pdf

Download (539kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_ANNA NUR FADILAH_PGSD'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)

Abstract

Pada penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya sikap tanggung jawab siswa dan prestasi belajar siswa yang rendah pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial. Untuk itu tujuan penelitian ini untuk meningkatkan sikap tanggung jawab siswa dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS melalui strategi giving question and getting answer. Jeneis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dalam penelitian ini terdiri dari 2 siklus. Objek dalam penelitian ini adalah kelas IV SDN 3 Karangtengah, dengan siswa yang berjumlah 24 siswa yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan tes, angket skala sikap tanggung jawab, lembar observasi aktivitas siswa dan lembar observasi aktivitas guru. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Indikator dalam penelitian ini apa bila terjadi peningkatan nilai rata-rata individu 60 dan ketuntasan secara klasikal 81%. Hasil penelitian menunjukkan strategi giving question and getting answer dapat meningkatkan sikap tanggung jawab siswa pada mata pelajaran IPS materi mengenal permasalahan sosial di daerahnya. Dapat dibuktikan dengan meningkatnya nilai rata-rata setiap indikator dari siklus I kesiklus II. pada sisklus I ketuntasan secara klasikal adalah 74% dengan kriteria baik dan pada siklus II ketuntasan secara kalasikal adalah 89% dengan kriteria sangat baik. Strategi giving question and getting answer juga dapat meningkatkan prestasi belajar IPS materi mengenal permasalahan sosial di daerahnya. Hal tersebut dapat di buktikan dengan meningkatnya nilai rata-rata evaluasi siswa siklus I pertemuan 1 ke siklus I pertemuan 2 dan terjadi peningkatan pada siklus II pertemuan 1 ke siklus II pertemuan 2. Nilai rata-rata siklus I pertemuan 1 adalah 65 dengan ketuntasan klasikal 58,3% dengan kriteria cukup baik. pada siklus I pertemuan 2 nilai rata-rata yaitu 65,2 dengan ketuntasan klasikal 66,6% dengan kriteria baik. Dan terjadi peningkatan pada siklus II pertemuan 1 adalah 72,9 dengan ketuntasan klasikal 79,1% dengan kriteria baik. pada siklus II pertemuan 2 nilai rata-rata yaitu 75,8 dengan ketuntasan klasikal 83,3% dengan kriteria sangat baik.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Asih Ernawati, Ph.D. dan Aji Heru Muslim, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Sikap Tanggung Jawab, Prestasi Belajar, Strategi Giving Question and Getting Answer, IPS
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 09 Mar 2017 03:55
Last Modified: 09 Mar 2017 03:55
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/955

Actions (login required)

View Item View Item