MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN PARTISIPASI KONTRIBUTIF SISWA KELAS VII SMP N 1 SUMBANG MELALUI PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIS, AUDITORI, VISUAL, INTELEKTUAL)

KURNIANTI, SUSI (2016) MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN PARTISIPASI KONTRIBUTIF SISWA KELAS VII SMP N 1 SUMBANG MELALUI PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIS, AUDITORI, VISUAL, INTELEKTUAL). Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_SUSI KURNIANTI_MATEMATIKA'16.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_SUSI KURNIANTI_MATEMATIKA'16.pdf

Download (607kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_SUSI KURNIANTI_MATEMATIKA'16.pdf

Download (711kB) | Preview
[img] Text
BAB III_SUSI KURNIANTI_MATEMATIKA'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (802kB)
[img] Text
BAB IV_SUSI KURNIANTI_MATEMATIKA'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (894kB)
[img] Text
BAB V_SUSI KURNIANTI_MATEMATIKA'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (597kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_SUSI KURNIANTI_MATEMATIKA'16.pdf

Download (734kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_SUSI KURNIANTI_MATEMATIKA'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penalaran matematis dan partisipasi kontributif siswa kelas VII C SMP N 1 Sumbang melalui pembelajaran SAVI (Somatis Auditori Visual Intelektual). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII C SMP N 1 Sumbang yang berjumlah 34 siswa yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus dimana setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi, dan refleksi. Untuk memperoleh data kemampuan penalaran matematis dalam penelitian ini menggunakan tes yang diberikan setiap akhir siklus. sedangkan untuk memperoleh data partisipasi kontributif siswa dilakukan pengamatan selama kegiatan pembelajaran berlangsung dengan menggunakan lembar observasi partisipasi kontributif siswa. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data sebagai berikut : pada siklus I kemampuan penalaran matematis siswa memperoleh ratarata 46,94 dan rata-rata partisipasi kontributif 26,5%. Pada siklus II kemampuan penalaran matematis siswa memperoleh rata-rata 55,91 dan rata-rata partisipasi kontributif 51,5%. Pada siklus III kemampuan penalaran matematis siswa memperoleh rata-rata 71,3 dan rata-rata partisipasi kontributif 74,3%. Dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan pembelajaran SAVI (Somatis Auditori Visual Intelektual) kemampuan penalaran matematis dan partisipasi kontributif siswa meningkat.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Chumaedi Suguhandardji, S.Si., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Penalaran matematis, Partisipasi Kontributif, Pembelajaran SAVI
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 08 Mar 2017 06:29
Last Modified: 08 Mar 2017 06:29
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/943

Actions (login required)

View Item View Item