UPAYA MENINGKATKAN SIKAP DISIPLIN DAN PRESTASI BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER PADA TEMA 9 KELAS V DI SD NEGERI 1 KALITINGGAR

TAUFIK, ARIF BUDIMAN (2019) UPAYA MENINGKATKAN SIKAP DISIPLIN DAN PRESTASI BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER PADA TEMA 9 KELAS V DI SD NEGERI 1 KALITINGGAR. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (878kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (749kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (965kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya sikap kedisiplinan dan prestasi belajar pada tema 9 kelas V di SD Negeri 1 Kalitinggar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap kedisiplinan dan prestasi belajar siswa menggunakan model Advance Organizer. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus yang setiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan. Setiap siklusnya terdapat empat tahapan yang dilaksanakan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan pada semester II tahun ajaran 2018/2019 tema 9. Subjek penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V berjumlah 20 siswa yang terdiri dari 11 siswa lakilaki dan 9 siswa perempuan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi sikap kedisiplinan, angket sikap kedisiplinan dan soal evaluasi siswa. Penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan sikap kedisiplinan siswa dari nilai rata-rata siswa pada siklus I yaitu 56,25 dengan kriteria cukup meningkat menjadi 76,5 dengan kriteria baik pada siklus II. Penelitian pada angket sikap kedisiplinan siswa yang diisi siswa pada siklus I memperoleh persentase sebesar 68% dengan kriteria baik meningkat menjadi persentase sebesar 86,6% dengan kriteria sangat baik pada siklus II. Penelitian pada prestasi belajar siswa mata pelajaran Bahasa Indonesia menunjukkan adanya peningkatan yang memperoleh nilai rata-rata siswa pada siklus I sebesar 67,1 dengan ketuntasan belajar 65% meningkat menjadi 82,87 dengan ketuntasan belajar 87,5% pada siklus II. Penelitian pada prestasi belajar siswa mata pelajaran IPA menunjukkan adanya peningkatan yang memperoleh nilai rata-rata siswa pada siklus I sebesar 67,75 dengan ketuntasan belajar 55% meningkat menjadi 82,75 dengan ketuntasan belajar 87,5% pada siklus II. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model advance organizer dapat meningkatkan sikap kedisiplinan dan prestasi belajar.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Cicih Wiarsih, M.Pd., dan Badarudin, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: model advance organizer, sikap disiplin, prestasi belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 21 Oct 2019 03:23
Last Modified: 21 Oct 2019 03:23
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/9424

Actions (login required)

View Item View Item