PENINGKATAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK TEMA 9 KAYANYA NEGERIKU DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DI KELAS IV SD NEGERI 2 KEBASEN

FITRIANI, YEVI (2019) PENINGKATAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK TEMA 9 KAYANYA NEGERIKU DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DI KELAS IV SD NEGERI 2 KEBASEN. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Yevi Fitriani_JUDUL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Yevi Fitriani_BAB I.pdf

Download (653kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Yevi Fitriani_BAB II.pdf

Download (917kB) | Preview
[img] Text
Yevi Fitriani_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (917kB)
[img] Text
Yevi Fitriani_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Yevi Fitriani_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (533kB)
[img]
Preview
Text
Yevi Fitriani_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (644kB) | Preview
[img] Text
Yevi Fitriani_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya sikap peduli lingkungan dan prestasi belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap peduli lingkungan dan prestasi belajar peserta didik melalui model Problem Based Learning (PBL) dengan bantuan media kotak dan kartu misterius (kokami). Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan dengan masing-masing pertemuan satu rencana pembelajaran. Penelitian ini terdiri dari tahapan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV yang berjumlah 31 peserta didik, yang terdiri dari 19 peserta didik laki-laki dan 12 peserta didik perempuan. Alat pengumpulan data menggunakan tes evaluasi, lembar aktivitas guru dan peserta didik, dan lembar skala sikap peduli lingkungan peserta didik. Hasil peningkatan yang terjadi dapat dilihat pada setiap siklusnya. Peserta didik tertarik dan lebih aktif, karena pembelajaran dilaksanakan dengan menggunkan model baru serta adanya penggunaan media kokami. Peserta didik menjadi lebih peduli dengan lingkungan kelas. Terlihat dari bersihnya lantai, laci meja yang bebas sampah dan terawatnya tanaman di depan kelas. Peningkatan sikap peduli lingkungan yang dimiliki oleh peserta didik tidak hanya terlihat dari kebersihan lingkungan kelas tetapi terlihat dari hasil angket. Pada siklus I sikap peduli lingkungan peserta didik memperoleh nilai rata-rata sebesar 2,5 dan memperoleh presentase 62,5 % dengan kriteria cukup baik dan siklus II memperoleh nilai rata-rata sebesar 3,5 dan memperoleh presentase 88,1% dengan kriteria sangat baik. Kebersihan lingkungan kelas juga mempengaruhi prestasi belajar peserta didik, dibuktikan dengan meningkatnya hasil tes evaluasi. Hasil tes evaluasi menunjukkan peningkatan prestasi belajar peserta didik dari siklus I ke siklus II. Prestasi belajar pada siklus I pada pelajaran IPA diperoleh rata-rata sebesar 67,48 dengan persentase ketuntasan 63,69%, pelajaran bahasa indonesia diperoleh rata-rata sebesar 66,26 dengan persentase ketuntasan 58,35% dan pada siklus II pada pelajaran IPA diperoleh nilai rata-rata 80,6 dengan peresentase 88,3%, pada pelajaran bahasa indonesia diperoleh nilai rata-rata 75,33 dengan pesertase 81,66%. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan model Problem Based Learning (PBL) dengan bantuan media kotak kartu misterus (kokami) dapat meningkatkan sikap peduli lingkungan dan prestasi belajar peserta didik tema 9 kayanya negeriku kelas IV SD Negeri 2 Kebasen kecamatan Kebasen, Banyumas.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Pratik Hari Yuwono, S.Sn., M.A. dan Badarudin, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Sikap Peduli Lingkungan; Prestasi Belajar; Model Problem Based Learning (PBL)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Bandriyah .
Date Deposited: 15 Oct 2019 03:28
Last Modified: 15 Oct 2019 03:28
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/9407

Actions (login required)

View Item View Item