PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN SIKAP ILMIAH SISWA DENGAN MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN BERBASIS MIND MAPPING PADA TEMA 8 LINGKUNGAN SAHABAT KITA DI KELAS VA SD NEGERI 1 PRIGI

HANIFAH, RAHMA (2019) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN SIKAP ILMIAH SISWA DENGAN MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN BERBASIS MIND MAPPING PADA TEMA 8 LINGKUNGAN SAHABAT KITA DI KELAS VA SD NEGERI 1 PRIGI. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Rahma Hanifah_JUDUL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Rahma Hanifah_BAB I.pdf

Download (710kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Rahma Hanifah_BAB II.pdf

Download (892kB) | Preview
[img] Text
Rahma Hanifah_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (903kB)
[img] Text
Rahma Hanifah_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
Rahma Hanifah_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (615kB)
[img]
Preview
Text
Rahma Hanifah_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (676kB) | Preview
[img] Text
Rahma Hanifah_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya keterampilan berpikir kritis dan sikap ilmiah siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa dan sikap ilmiah siswa dengan menggunakan pembelajaran berbasis mind mapping. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini menggunakan dua siklus. Subjek dari penelitian tindakan kelas adalah siswa kelas VA yang berjumlah 24 yang terdiri dari 11 siswa perempuan dan 13 siswa laki-laki. Alat pengumpulan data menggunakan tes keterampilan berpikir kritis siswa, angket sikap ilmiah, lembar observasi aktivitas guru, dan lembar observasi aktivitas siswa. Keterampilan berpikir kritis siswa meningkat, hal ini dapat dilihat dari perolehan nilai tes keterampilan pada setiap pertemuannya. Pada siklus I pertemuan 1 diperoleh rata-rata keterampilan berpikir kritis siswa 52.94%, pada pertemuan 2 diperoleh rata-rata 56.48%. Pada siklus II pertemuan 1 diperoleh rata-rata keterampilan berpikir kritis sebesar 78,84% sedangkan pada pertemuan 2 diperoleh sebesar 81,36%. Sikap ilmiah siswa juga meningkat pada siklus I dan siklus II. Pada siklus I presentase sikap ilmiah siswa sebesar 75,76% meningkat pada siklus II menjadi 95,45%. Pada siklus I pertemuan 1 diperoleh rata-rata sikap ilmiah sebesar 60,68%, pertemuan 2 diperoleh rata-rata sebesar 68%. Pada siklus II pertemuan 1 diperoleh rata-rata 78% meningkat pada pertemuan 2 menjadi 87%. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan pembelajaran berbasis mind mapping dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan sikap ilmiah siswa kelas VA SD Negeri 1 Prigi. Pembelajaran mind mapping sebagai strategi pembelajaran dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan sikap ilmiah siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Badarudin, M.Pd. dan Dr. Ana Andriani, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Mind Mapping; Keterampilan Berpikir Kritis; Sikap Ilmiah
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Bandriyah .
Date Deposited: 15 Oct 2019 03:16
Last Modified: 15 Oct 2019 03:16
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/9405

Actions (login required)

View Item View Item