PENERAPAN PELATIHAN SELF-MANAGEMENT UNTUK MENURUNKAN PROKRASTINASI AKADEMIK PADA MAHASISWA ANGGOTA UNIT KEGIATAN MAHASISWA (UKM) OLAHRAGA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO

GUSTI, PUSPO DEWI WAHYUNING (2019) PENERAPAN PELATIHAN SELF-MANAGEMENT UNTUK MENURUNKAN PROKRASTINASI AKADEMIK PADA MAHASISWA ANGGOTA UNIT KEGIATAN MAHASISWA (UKM) OLAHRAGA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Puspo Dewi Wahyuning Gusti_JUDUL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Puspo Dewi Wahyuning Gusti_BAB I.pdf

Download (716kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Puspo Dewi Wahyuning Gusti_BAB II.pdf

Download (723kB) | Preview
[img] Text
Puspo Dewi Wahyuning Gusti_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (742kB)
[img] Text
Puspo Dewi Wahyuning Gusti_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (992kB)
[img] Text
Puspo Dewi Wahyuning Gusti_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (613kB)
[img]
Preview
Text
Puspo Dewi Wahyuning Gusti_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (629kB) | Preview
[img] Text
Puspo Dewi Wahyuning Gusti_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pelatihan self management untuk menurunkan prokrastinasi akademik pada mahasiswa anggota UKM Olahraga Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan rancangan penelitian Single Subject Research (SSR) dengan desain penelitian AB- A’ dimana design ini digunakan untuk mengukur perubahan yang terjadi pada target dari fase baseline 1 (A), Intervensi (B) dan baseline 2 (A’). Subjek penelitian menggunakan 5 mahasiswa yang memiliki prokrastinasi akademik tinggi dari hasil skrining menggunakan Procrastination Assessment Scale for Students (PASS). Analisis data menggunakan analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi. Penyajian hasil penelitian menggunakan grafik dan tabel. Hasil penelitian menunjukan bahwa self management dapat menurunkan prokrastinasi akademik yang ditunjukan dengan menurunnya frekuensi pada aspek prokrastinasi akademik yang dilakukan pada subjek setelah diberikan intervensi. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya penurunan mean level pada setiap fase. Pada fase baseline (A-1) subjek memperoleh skor 16, menghasilkan mean level8 dengan presentase 80%, pada fase intervensi (B) subjek 1 dan 5 mendapatkan skor 13, dengan mean level4,3 dan presentase sebesar 65%, subjek 2 mendapat skor 11, mean level 3,7 dengan presentase 55%, subjek 3 mendapatkan skor 10, mean level3,7 dengan presentase 50%, sedangkan subjek 4 memperoleh skor 12, menghasilkan mean level 3,7 dengan presentase 60%, sedangkan pada fase baseline (A-2) subjek mendapatkan skor 7 dengan mean level 3,5 dan presentase sebesar 35%. Selanjutnya data tersebut didukung oleh presentase overlap yang rendah, presentase overlap antara intervensi (B) dengan baseline (A-1) adalah sebesar 0%, sementara pada presentase overlap baseline (A-2) dengan intervensi (B) yaitu sebesar 100%, yang berarti semakin kecil presentase overlap menunjukan semakin besar pengaruh intervensi terhadap perilaku sasaran.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Tri Na’imah, S.Psi., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Prokrastinasi Akademik; Self Management; Single Subject Research
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Bandriyah .
Date Deposited: 15 Oct 2019 03:06
Last Modified: 15 Oct 2019 03:06
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/9403

Actions (login required)

View Item View Item