JENIS-JENIS KESANTUNAN DIREKTIF TUTURAN GURU BAHASA INDONESIA DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SMP NEGERI 1 RAKIT BANJARNEGARA TAHUN 2019

AZIFAH, LULU (2019) JENIS-JENIS KESANTUNAN DIREKTIF TUTURAN GURU BAHASA INDONESIA DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SMP NEGERI 1 RAKIT BANJARNEGARA TAHUN 2019. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Lulu Azifah_JUDUL.pdf

Download (984kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lulu Azifah_BAB I.pdf

Download (677kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lulu Azifah_BAB II.pdf

Download (902kB) | Preview
[img] Text
Lulu Azifah_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (622kB)
[img] Text
Lulu Azifah_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (849kB)
[img] Text
Lulu Azifah_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (603kB)
[img]
Preview
Text
Lulu Azifah_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (531kB) | Preview
[img] Text
Lulu Azifah_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis-jenis kesantunan direktif yang terdapat padatuturan guru bahasa Indonesia dalam proses pembelajaran di SMP Negeri 1 Rakit Banjarnegara tahun 2019. Data dalam penelitian ini yaitu tuturan guru bahasa Indonesia. Sumber data dalam penelitian ini yaitu guru bahasa Indonesia SMP Negeri 1 Rakit. Metode yang digunakan dalam penelitian ini (1) tahap penyedian data menggunakan metode simak dengan teknik dasar teknik rekam. Sebagai teknik lanjutannya yaitu teknik simak bebas libat cakap (SBLC), dan teknik catat. (2) tahap analisis data menggunakan metode agih dan metode padan, (3) tahap penyajian hasil data menggunakan metode informal.Hasil penelitian menunjukkan ada 6 jenis kesantunan direktif dalam tuturan gurubahasa Indonesia di SMP Negeri 1 Rakit Banjarnegara tahun 2019.Pertama yaitu kesantunan direktif „permintaan‟ meliputi bentuk meminta, memohon mengajak.Kedua kesantunan direktif „pertanyaan‟ meliputi bentuk bertanya.Ketiga kesantunan direktif „perintah‟meliputi bentuk memerintah, mengarahkan, menginstruksikan.Keempat kesantunan direktif „larangan‟ meliputi membatasi.Kelima kesantunan direktif „pemberian izin‟ meliputi bentuk menyetujui, mengijinkan.Keenam kesantunan direktif „nasihat‟ meliputi bentuk menasihatkan, memperingatkan, dan menyarankan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Dr. H. Kuntoro, M.Hum.
Uncontrolled Keywords: Kesantunan, Direktif, Pembelajaran
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Bandriyah .
Date Deposited: 15 Oct 2019 02:42
Last Modified: 15 Oct 2019 02:42
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/9401

Actions (login required)

View Item View Item