PENGARUH MODEL EXPERIENTIAL LEARNING TERHADAP RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR IPA TEMA DAERAH TEMPAT TINGGALKU SUBTEMA BANGGA TERHADAP DAERAH TEMPAT TINGGALKU KELAS IV SD NEGERI LARANGAN

RATNANINGSIH, AYU (2019) PENGARUH MODEL EXPERIENTIAL LEARNING TERHADAP RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR IPA TEMA DAERAH TEMPAT TINGGALKU SUBTEMA BANGGA TERHADAP DAERAH TEMPAT TINGGALKU KELAS IV SD NEGERI LARANGAN. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Ayu Ratnaningsih_JUDUL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Ayu Ratnaningsih_BAB I.pdf

Download (561kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Ayu Ratnaningsih_BAB II.pdf

Download (664kB) | Preview
[img] Text
Ayu Ratnaningsih_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (655kB)
[img] Text
Ayu Ratnaningsih_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (748kB)
[img] Text
Ayu Ratnaningsih_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (546kB)
[img]
Preview
Text
Ayu Ratnaningsih_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (565kB) | Preview
[img] Text
Ayu Ratnaningsih_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitiaan ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model experiential learning terhadap rasa ingin tahu dan prestasi belajar IPA. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain Non Equivalent (Pretest Dan Posttest) Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Larangan. Penentuan sample menggunakan teknik purposive sampling. Berdasarkan teknik tersebut,diperolah kelas IV B sebagai kelompok eksperimen dan kelas IV A sebagai kelompok kontrol. Masing-masing kelas terdiri dari 20 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non tes, yaitu tes dalam bentuk pretest dan posttest, sedangakan non tes dalam bentuk angket awal dan angket akhir serta lembar observasi. Analisis data menggunakan independent sample t-test. Hasil penelitian, pengujian hipotesis pertama diperoleh nilai atau 2,686 > 1,865 sehingga menunjukan bahwa model Experiential learning berpengaruh terhadap rasa ingin tahu siswa kelas IV SD Negeri Larangan. Hasil uji hipotesis kedua diperoleh 2,685 >1,865 sehingga menunjukkan bahwa model Experiential Learning berpengaruh terhadap prestasi belajar IPA kelas IV SD Negeri Larangan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Subuh Anggoro, M.Pd. dan Drs. Pamujo, M.M., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Experiential Learning; Rasa Ingin Tahu; Prestasi Belajar IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Bandriyah .
Date Deposited: 15 Oct 2019 01:18
Last Modified: 15 Oct 2019 01:18
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/9394

Actions (login required)

View Item View Item