ANALISIS EFEKTIVITAS SIMPANG BERSINYAL DI SIMPANG KARANGLEWAS

ATHOURROHMAN, ARIF (2019) ANALISIS EFEKTIVITAS SIMPANG BERSINYAL DI SIMPANG KARANGLEWAS. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Arif Athourrohman_JUDUL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Arif Athourrohman_BAB I.pdf

Download (611kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Arif Athourrohman_BAB II.pdf

Download (748kB) | Preview
[img] Text
Arif Athourrohman_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (760kB)
[img] Text
Arif Athourrohman_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (894kB)
[img] Text
Arif Athourrohman_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (558kB)
[img]
Preview
Text
Arif Athourrohman_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (595kB) | Preview
[img] Text
Arif Athourrohman_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (566kB)

Abstract

Simpang bersinyal di simpang karanglewas merupakan salah satu simpang penghubung antara Purwokerto dengan Ajibarang sehingga berpotensi menimbulkan kemacetan dan tundaan karena arus lalu lintas yang cukup padat terutama pada jam sibuk dengan berbagai jenis kendaraan. Dalam penelitian ini ingin dilihat bagaimana efektivitas lampu lalulintas pada simpang bersinyal di simpang karanglewas. Adapun metode yang digunakan untuk menganalisa simpang bersinyal dengan menggunakan metode Manual Kapasitas Jalan Indonesia. Survey dilakukan selama 3 (tiga) hari dalam satu minggu yakni dari hari Sabtu, hari Minggu dan hari Senin. Dari hasil-hasil survey selama tiga hari tersebut dan setelah dilakukan analisis maka diperoleh bahwa pada tahun 2019 volume puncak terjadi pada hari senin pada jam 06.45 – 07.45 sebesar 1087 smp/jam dan serta nilai Derajat Kejenuhan sebesar 1,47 maka dapat disimpulkan simpang bersinyal tersebut dalam kondisi jenuh. dan dilakukan skenario 1 dengan merubah dari 3 fase menjadi 2 fase maka Derajat Kejenuhan 0,70 maka kondisi simpang bersinyal menjadi tidak jenuh. Setelah dilakukan analisis tahun 2024 didapatkan Derajat Kejenuhan 1,66 maka kondisi simpang bersinyal sangat jenuh dan dilakukan skenario II pada lengan timur dan barat menjadi belok kiri langsung. maka derajat kejenuhan untuk utara, selatan, timur dan barat sebesar 0,75, 0,58, 0,65 dan 1,51 karena lengan barat masih dalam kondisi jenuh maka dilakukan skenario III yaitu pelebaran jalan yang sebelumnya 11 meter menjadi 15 meter. maka diapat Derajat Kejenuhan untuk utara, selatan, timur dan barat sebesar 0,72, 0,56, 0,37 dan 0,74 maka kondisi simpang bersinyal menjadi tidak jenuh.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Sulfah Anjarwati, S.T., M.T. dan Dr. Iskahar, S.T., M.T.
Uncontrolled Keywords: Efektivitas Simpang Bersinyal; Derajat Kejenuhann
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Bandriyah .
Date Deposited: 15 Oct 2019 00:47
Last Modified: 15 Oct 2019 00:47
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/9391

Actions (login required)

View Item View Item