UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFANDAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVMENT DIVISIONS) DI SD NEGERI 2 KALIWANGI

WIBOWO, SUNARDI AGUS TRI (2019) UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFANDAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVMENT DIVISIONS) DI SD NEGERI 2 KALIWANGI. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (866kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (677kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (669kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (729kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (613kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (701kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar IPS materi aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam dan potensi lain di daerah dengan menggunakan model pembelajaranStudent Teams Achievment Divisions (STAD). Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 2 Kaliwangi dengan jumlah siswa16 terdiri dari 8 laki-laki dan 8 perempuan.Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dalam dua siklus.Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dengan masing-masing pertemuan terdiri dari satu hari pembelajaran.Prosedur pelaksanaan setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi, dan refleksi.Pengumpulan data diperoleh dari lembar observasi guru dan lembar observasi siswa.Data hasil peningkatan keaktifan dan prestasi belajar siswa diperoleh dari lembar observasi keaktifan siswa dan soal evaluasi.Hasil lembar observasi keaktifan siswa siklus I memperoleh rata-rata 2,41 dengan kriteria cukup sedangkan pada siklus II memperoleh rata-rata 3,24 dengan kriteria sangat baik. Ketuntasan prestasi belajar yang diperoleh pada siklus I mata pelajaran IPS 50%dan pada siklus II mata pelajaran IPS 84,37%. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievment Divisions (STAD)dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa kelas IV Negeri 2 Kaliwangi.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Asih Ernawati, Ph.D dan Tri Yuliansyah Bintaro, M.Pd,
Uncontrolled Keywords: Keaktifan, Prestasi belajar,Student Teams Achievment Divisions (STAD).
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 30 Sep 2019 04:07
Last Modified: 30 Sep 2019 04:07
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/9359

Actions (login required)

View Item View Item