UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERTANYA DASAR DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBANTU MEDIA PAPAN TEKA-TEKI PINTAR PADA SISWA KELAS IV TEMA 8 DI SDN WIRADADI

NURHAYATI, ENI (2019) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERTANYA DASAR DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBANTU MEDIA PAPAN TEKA-TEKI PINTAR PADA SISWA KELAS IV TEMA 8 DI SDN WIRADADI. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (894kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (597kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (668kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (715kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (533kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (698kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya keterampilan bertanya dasar dan prestasi belajar siswa kelas IV di SDN Wiradadi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan bertanya dasar dan prestasi belajar siswa melalui model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantu media papan teka-teki pintar pada siswa kelas IV tema 8 di SDN Wiradadi. Subjek penelitian yaitu siswa kelas IV yang berjumlah 29 siswa, 11 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Instrumen penelitian yang digunakan lembar observasi aktivitas guru dan siswa, lembar observasi keterampilan bertanya dasar siswa, Lembar Kerja Siswa dan lembar evaluasi. Kegiatan dalam pembelajaran menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantu media papan teka-teki pintar, melibatkan siswa untuk lebih aktif dan kreatif, karena mengaitkan materi pembelajaran dengan situasi dunia nyata, sehingga siswa akan mudah dan mampu untuk menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Hasil penelitian lembar observasi keterampilan bertanya dasar siswa dengan rata-rata siklus I mencapai 3,2 kriteria cukup, mengalami peningkatan pada siklus II dengan rata-rata 3,91 artinya keterampilan bertanya dasar siswa sangat baik saat proses pembelajaran. Prestasi belajar siswa juga mendapatkan hal yang sama dengan siklus I mata pelajaran IPA pertemuan ke-1 mencapai 58,62% dan Bahasa Indonesia 51,72%. Pertemuan ke-2 mata pelajaran IPA mencapai 68,96% dan Bahasa Indonesia 62,06%. Rata-rata siklus I mencapai 60,34. Siklus II mata pelajaran IPA pertemuan ke-1 mencapai 79,31% dan Bahasa Indonesia 72,41%. Pertemuan ke-2 IPA mencapai 89,65% dan Bahasa Indonesia 82,75%. Rata-rata siklus II mencapai 81,03. Data rekapitulasi Penelitian Tindakan Kelas menunjukkan bahwa penggunaan model Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantu media papan teka-teki pintar dapat meningkatkan keterampilan bertanya dasar dan prestasi belajar pada siswa kelas IV tema 8 di SDN Wiradadi.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Badarudin, M.Pd. dan Pratik Hari Yuwono, S.Sn., M.A.
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Bertanya Dasar, Model Contextual Teaching and Learning (CTL), Media Papan Teka-teki Pintar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 30 Sep 2019 03:53
Last Modified: 30 Sep 2019 03:53
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/9357

Actions (login required)

View Item View Item