IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB DI SD NEGERI CIBEREM

HANDOYO, NANDAR PURBO (2019) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB DI SD NEGERI CIBEREM. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Nandar Purbo Handoyo_JUDUL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Nandar Purbo Handoyo_BAB I.pdf

Download (712kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Nandar Purbo Handoyo_BAB II.pdf

Download (688kB) | Preview
[img] Text
Nandar Purbo Handoyo_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (651kB)
[img] Text
Nandar Purbo Handoyo_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Nandar Purbo Handoyo_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (625kB)
[img]
Preview
Text
Nandar Purbo Handoyo_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (625kB) | Preview
[img] Text
Nandar Purbo Handoyo_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pendidikan karakter merupakan salah satu kunci membentuk peserta didik yang bermoral. SD Negeri Ciberem sebagai sekolah rujukan inovasi sudah menerapkan pendidikan karakter kepada peserta didiknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pendidikan karakter disiplin dan tanggung jawab di SD Negeri Ciberem. Tujuan lainnya yaitu untuk mengetahui kendala dan solusi dalam implementasi pendidikan karakter disiplin dan tanggung jawab di SD Negeri Ciberem. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru, dan peserta didik SD Negeri Ciberem. Objek penelitian ini adalah implementasi pendidikan karakter disiplin dan tanggung jawab. Teknik pengumpulan data penelitian ini dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis Miles dan Huberman (reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan). Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendidikan karakter disiplin dan tanggung jawab di SD Negeri Ciberem meliputi tiga aspek yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Perencanaan dilakukan dengan cara memasukkan pendidikan karakter ke dalam kurikulum sekolah, dan dikembangkan lagi dalam RPP sekolah. Pelaksanaan implementasi dilakukan dengan mengintegrasikan karakter disiplin dan tanggung jawab ke dalam kegiatan pengembangan diri, mata pelajaran, dan budaya sekolah. Evaluasi yang dilakukan sekolah mencakup evaluasi kelas, evaluasi harian dan evaluasi tahunan. Evaluasi kelas dilakukan dengan menilai sikap peserta didik setiap hari. Evaluasi harian dilakukan briefing oleh kepala sekolah dan guru dipagi dan siang hari. Evaluasi tahunan dilakukan setia akhir semester oleh kepala sekolah, guru, dan orang tua peserta didik.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Dhi Bramasta, S.Si., M.Pd. dan Cicih Wiarsih, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Implementasi Pendidikan Karakter; Karakter Disiplin; Karakter Tanggung Jawab
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Bandriyah .
Date Deposited: 24 Sep 2019 02:55
Last Modified: 24 Sep 2019 02:55
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/9346

Actions (login required)

View Item View Item