PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF TIPE PREDICT OBSERVE EXPLAIN (POE) TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA TEMA 9 SUBTEMA 2 KELAS IV DI SD NEGERI 2 PURWOKERTO LOR

PRADANA, ANANG RAHAYU CATUR (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF TIPE PREDICT OBSERVE EXPLAIN (POE) TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA TEMA 9 SUBTEMA 2 KELAS IV DI SD NEGERI 2 PURWOKERTO LOR. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Anang Rahayu Catur Pradana_ JUDUL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Anang Rahayu Catur Pradana_ BAB I.pdf

Download (588kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Anang Rahayu Catur Pradana_ BAB II.pdf

Download (667kB) | Preview
[img] Text
Anang Rahayu Catur Pradana_ BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (672kB)
[img] Text
Anang Rahayu Catur Pradana_ BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (670kB)
[img] Text
Anang Rahayu Catur Pradana_ BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (541kB)
[img]
Preview
Text
Anang Rahayu Catur Pradana_ DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (592kB) | Preview
[img] Text
Anang Rahayu Catur Pradana_ LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kolaboratif tipe Predict Observe Explain (POE) terhadap prestasi belajar IPA Tema 9 Subtema 2 pokok bahasan sumber energi siswa kelas IV di SD Negeri 2 Purwokerto Lor. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, penelitian eksperimen merupakan penelitian kuantitatif yang paling penuh, dalam arti memenuhi semua persyaratan untuk menguji hubungan sebab akibat. Partisipan penelitian sebanyak 55 siswa kelas IV di SD Negeri 2 Purwokerto Lor. Pada penelitian ini teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling yaitu, teknik pengambilan sampel yang digunakan jika peneliti mempunyai pertimbangan-pertimbangan tertentu di dalam pengambilan sampelnya atau penentuan sampel untuk tujuan tertentu. Dalam penelitian ini yang menjadi sampel adalah kelas IV A dan kelas IV B. Dimana kelas IV A dengan jumlah 28 siswa sebagai kelompok kontrol dan kelas IV B dengan jumlah 27 siswa sebagai kelompok eksperimen. Metode pengumpulan data yaitu menggunakan test prestasi belajar IPA dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil thitung sebesar 2,269 dan ttabel sebesar 1,374. Hasil analisis data menunjukkan bahwa model pembelajaran kolaboratif tipe Predict Observe Explain (POE) berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar IPA Tema 9 Subtema 2 pokok bahasan sumber energi siswa kelas IV di SD Negeri 2 Purwokerto Lor, sehingga model pembelajaran kolaboratif tipe Predict Observe Explain (POE) dapat menjadi model pembelajaran alternatif yang dapat diterapkan pada pembelajaran IPA.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Subuh Anggoro, M.Pi., M.Pd. dan Sri Muryaningsih, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Predict Observe Explain (POE); Prestasi Belajar IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Bandriyah .
Date Deposited: 24 Sep 2019 01:15
Last Modified: 24 Sep 2019 01:15
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/9334

Actions (login required)

View Item View Item