STUDI PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR DALAM MENUMBUHKAN KARAKTER KREATIF PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR

YUNITA, IRMA (2019) STUDI PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR DALAM MENUMBUHKAN KARAKTER KREATIF PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (699kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (706kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (625kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (607kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (687kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar dalam menumbuhkan karakter kreatif peserta didik di sekolah dasar. Lingkungan sekitar sekolah dimanfaatkan untuk menunjang proses pembelajaran. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar. Dampak dalam memanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar dalam menumbuhkan karakter kreatif peserta didik juga menjadi tujuan dalam penelitian. Faktor pendukung dan penghambat dalam memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar dalam menumbuhkan kreatif peserta didik yang diterapkan di SD Negeri 02 Pandak. Jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif. Partisipan dalam penelitian yaitu kepala sekolah, guru, dan peserta didik dengan metode pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar merupakan kegiatan yang dilakukan guru untuk mengembangkan kemampuan peserta didik dengan memanfaatkan lingkungan sekolah seperi perpustakaan dan tumbuhan yang ada di sekitar sekolah sebagai sumber belajar. Dampak dalam memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar dalam menumbuhkan karakter kreatif peserta didik, peserta didik menjadi aktif bertanya tentang apa yang dilihat di lingkungan sekitar. Pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar dalam menumbuhkan karakter kreatif terdapat faktor pendukung yaitu lingkungan yang bersih agar peserta didik merasa nyaman ketika belajar di luar kelas dan faktor penghambatnya yaitu terkendala dana, kurang bahan, serta sarana dan prasarana yang kurang. Sekolah dalam memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar harus memaksimalkan sarana dan prasarana untuk ditambah kembali bahan-bahan yang diperluan dalam pembelajaran. Sekolah harus memanfaatkan lingkungan sekolah secara efektif agar kreativitas peserta didik dapat berkembang.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Ana Andriani, M.Pd., dan Cicih Wiarsih, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Lingkungan Sekolah, sumber belajar, kreatif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 19 Sep 2019 02:25
Last Modified: 19 Sep 2019 02:25
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/9283

Actions (login required)

View Item View Item