IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI SEKOLAH MELALUI POJOK BACA DI SD NEGERI 3 KEBONMANIS

IKHYAUL AZMI, IKHYAUL AZMI (2019) IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI SEKOLAH MELALUI POJOK BACA DI SD NEGERI 3 KEBONMANIS. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (672kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (746kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (642kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (531kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (534kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Minat baca yang rendah masih menjadi permasalahan yang belum bisa diselesaikan sampai saat ini. Terbukti dengan beberapa tes yang pernah diikuti, peringkat Indonesia belum bisa lepas dari peringkat bawah. Kondisi tersebut sangat memprihatinkan, sebab kemampuan membaca merupakan kemampuan fundamental untuk mendapatkan ilmu pengetahuan baru. Pemerintah mencanangkan gagasan besar untuk meminimalkan permasalahan tersebut yaitu gerakan literasi sekolah (GLS). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang: (1) Pelaksanaan GLS melalui pojok baca di SD Negeri 3 Kebonmanis; (2) Dampak dari pemanfaatan pojok baca; (3) Faktor pendukung dan penghambat pemanfaatan pojok baca. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan GLS di SD Negeri 3 Kebonmanis baru sampai pada tahap pembiasaan yang diantaranya melaksanakan kegiatan membaca buku non pelajaran selama 15 menit sebelum pembelajarn dan didukung dengan adanya sarana pojok baca. Dampak yang ditimbulkan yaitu meningkatnya minat membaca siswa setelah adanya arahan GLS dan pemanfaatan sarana pojok baca. Adapun dampak yang lain yaitu meningkatnya keterampilan menulis siswa. GLS dan pemanfaatan pojok baca mendapat dukungan dari pihak dinas, pihak sekolah, dan orang tua siswa selaku pemangku kepentingan GLS pendidikan dasar. Faktor penghambat pelaksanaan GLS dan pemanfaatan sarana pojok baca yaitu keterbatasan waktu dan terbatasnya ketersediaan buku.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Pratik Hari Yuwono, S.Sn, M.A., dan Agung Nugroho, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: gls, pojok baca, dampak sarana pojok baca
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 19 Sep 2019 02:15
Last Modified: 19 Sep 2019 02:15
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/9282

Actions (login required)

View Item View Item