UPAYA MENINGKATKAN SIKAP TANGGUNG JAWAB DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN BANTUAN MEDIA FLASHCARD PADA TEMA 9 KELAS V SD NEGERI 1 CIHONJE

, APRILIA EKA PUSPITA (2019) UPAYA MENINGKATKAN SIKAP TANGGUNG JAWAB DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN BANTUAN MEDIA FLASHCARD PADA TEMA 9 KELAS V SD NEGERI 1 CIHONJE. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Aprilia Eka Puspita - Cover..pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Aprilia Eka Puspita - Bab I.pdf

Download (633kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Aprilia Eka Puspita - Bab II.pdf

Download (780kB) | Preview
[img] Text
Aprilia Eka Puspita - Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (883kB)
[img] Text
Aprilia Eka Puspita - Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (617kB)
[img] Text
Aprilia Eka Puspita - Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (617kB)
[img]
Preview
Text
Aprilia Eka Puspita - Daftar Pustaka.pdf

Download (619kB) | Preview
[img] Text
Aprilia Eka Puspita - Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (18MB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang di latar belakangi oleh rendahnya sikap tanggung jawab dan prestasi belajar peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan sikap tanggung jawab dan prestasi belajar peserta didik pada tema 9 benda-benda di sekitar kita melalui model problem based learning (PBL) dengan bantuan media flashcard. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan siklus penelitian tindakan kelas model Kemmis dan Mc Taggart yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Negeri 1 Cihonje, Kecamatan Gumelar, Kabupaten Banyumas dengan jumlah 26 peserta didik yang terdiri dari 13 peserta didik perempuan dan 13 peserta didik laki-laki. Prosedur penelitian pada setiap siklus meliputi tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data diperoleh dari lembar aktivitas guru, lembar observasi aktivitas dan sikap tanggung jawab peserta didik, lembar angket dan tes evaluasi. Data hasil peningkatan yang terjadi dapat dilihat pada setiap siklusnya. Pada siklus I sikap tanggung jawab peserta didik memperoleh nilai rata-rata sebesar 70% dengan kriteria baik sedangkan pada siklus II memperoleh rata-rata 82,5% dengan kriteria baik sekali. Hasil tes evaluasi menunjukan peningkatan prestasi belajar peserta didik dari siklus I ke siklus II. Prestasi belajar siklus I pada muatan belajaran PPKn diperoleh rata-rata sebesar 65 dengan 50%, pada muatan pelajaran IPS siklus I diperoleh rata-rata 63 dengan presentase ketuntasan 40,5%, dan pada siklus II PPKn mengalami kenaikan rata-rata 80 dengan presentase ketuntasan 80,5%. Pada muatan pelajaran IPS siklus II memperoleh rata-rata 78,5 dengan presentase ketuntasan 80%. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan model problem based learning (PBL) berbantu media flashcard dapat meningkatkan sikap tanggung jawab dan prestasi belajar peserta didik pada tema 9 benda-benda di sekitar kita pada peserta didik kelas V SD Negeri 1 Cihonje Kecamatan Gumelar, Kabupaten Banyumas

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: 1. Drs. Pamujo, M.M., M.Pd 2. Tri Yuliansyah Bintaro, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Tanggung jawab, prestasi belajar, problem based learning (PBL), flashcard.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: windarto .
Date Deposited: 12 Sep 2019 01:20
Last Modified: 12 Sep 2019 01:20
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/9243

Actions (login required)

View Item View Item