UPAYA MENINGKATKAN RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI TEKNIK PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE KANCING GEMERINCING BERBANTU MEDIA GAMBAR PADA TEMA 9 DI KELAS V SD NEGERI 2 PAGOJENGAN

NUGRAHENI, RIZKI TRI (2019) UPAYA MENINGKATKAN RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI TEKNIK PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE KANCING GEMERINCING BERBANTU MEDIA GAMBAR PADA TEMA 9 DI KELAS V SD NEGERI 2 PAGOJENGAN. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Rizki Tri Nugraheni Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Rizki Tri Nugraheni Bab I.pdf

Download (613kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Rizki Tri Nugraheni Bab II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Rizki Tri Nugraheni Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (757kB)
[img] Text
Rizki Tri Nugraheni Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Rizki Tri Nugraheni Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (604kB)
[img]
Preview
Text
Rizki Tri Nugraheni Daftar Pustaka.pdf

Download (600kB) | Preview
[img] Text
Rizki Tri Nugraheni Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya rasa ingin tahu dan prestasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap rasa ingin tahu dan prestasi belajar siswa melalui teknik pembelajaran koopertif tipe Kancing Gemerincing berbantu dengan penggunaan media gambar. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus, masing masing siklus terdiri dari dua pertemuan dengan masing-masing pertemuan satu rencana pembelajaran. Penelitian ini terdiri dari tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 2 Pagojengan yang berjumalh 27 siswa dengan jumlah 10 siswa laki laki dan 17 siswa perempuan. Alat pengumpulan data menggunakan tes evaluasi siswa, lembar aktivitas guru, lembar aktivitas siswa, serta lembar observasi sikap rasa ingin tahu siswa. Hasil peningkatan yang terjadi dapat dilihat pada setiap siklusnya. Pada siklus I sikap rasa ingin tahu siswa memperoleh rata-rata sebesar 1,91 dengan kriteria cukup dan pada siklus II perolehan rata-rata meningkat menjadi 2,67 dengan kriteria baik. Hasil tes evaluasi menunjukkan peningkatan prestasi belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Prestasi belajar siswa siklus I pada mata pelajaran PPKn diperoleh rata-rata sebesar 60,35 dengan presentase ketuntasan 59%. Pada silus II mengalami peningkatan pada mata pelajaran PPKn dengan perolehan rata-rata sebesar 70,95 dengan presentase ketuntasan 76%. Prestasi belajar siswa siklus I pada mata pelajaran Bahasa Indonesia diperoleh rata-rata sebesar 69,9 dengan presentase ketuntasan 66,5%. Pada siklus II mengalami peningkatan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan perolehan rata-rata sebesar 72,15 dengan presentase ketuntasan 79,5%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa teknik pembelajaran koopertif tipe Kancing Gemerincing berbantu dengan penggunaan media gambar dapat meningkatkan sikap rasa ingin tahu siswa dan prestasi belajar siswa pada tema 9 siswa kelas V SD Negeri 2 Pagojengan, Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Agung Nugroho, M.Pd. dan Drs. Pamujo, MM., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Sikap Rasa Ingin Tahu, Prestasi Belajar, Teknik Pembelajaran Kancing Gemerincing, dan Media Gambar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Nur Hardiansyah
Date Deposited: 11 Sep 2019 04:14
Last Modified: 11 Sep 2019 04:14
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/9240

Actions (login required)

View Item View Item