PEMBELAJARAN MODEL MISSOURI MATHEMATICS PROJECT UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DI SMP MUHAMMADIYAH 2 PURWOKERTO

KHOTIRO, BINTA NUR (2016) PEMBELAJARAN MODEL MISSOURI MATHEMATICS PROJECT UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DI SMP MUHAMMADIYAH 2 PURWOKERTO. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_BINTA NUR KHOTIRO_MATEMATIKA'16.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_BINTA NUR KHOTIRO_MATEMATIKA'16.pdf

Download (693kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_BINTA NUR KHOTIRO_MATEMATIKA'16.pdf

Download (716kB) | Preview
[img] Text
BAB III_BINTA NUR KHOTIRO_MATEMATIKA'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (730kB)
[img] Text
BAB IV_BINTA NUR KHOTIRO_MATEMATIKA'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V_BINTA NUR KHOTIRO_MATEMATIKA'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (677kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_BINTA NUR KHOTIRO_MATEMATIKA'16.pdf

Download (628kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_BINTA NUR KHOTIRO_MATEMATIKA'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada pokok bahasan Prisma dan Limas dengan pembelajaran model Missouri Mathematics Project di SMP Muhammadiyah 2 Purwokerto. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIIA SMP Muhammadiyah 2 Purwokerto yang berjumlah 30 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus dimana setiap siklusnya terdiri dari 3 kali pertemuan yaitu 2 kali pertemuan untuk penyampaian materi dan 1 kali pertemuan untuk tes evaluasi. Setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, evaluasi dan refleksi. Untuk memperoleh data kemampuan pemahaman konsep matematis dalam penelitian ini menggunakan tes pemahaman konsep matematis yang diberikan setiap akhir siklus. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Dari hasil tes kemampuan pemahaman konsep matematis siswa terjadi peningkatan. Pada Siklus I diperoleh nilai rata-rata tes pemahaman konsep matematis sebesar 66,4 dengan ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 30 %, pada siklus II diperoleh nilai rata-rata tes pemahaman konsep matematis sebesar 72,4 dengan ketuntasan belajar secara klasikal 53 %, dan pada siklus III diperoleh nilai rata-rata tes pemahaman konsep matematis sebesar 85,51 dengan ketuntasan belajar secara klasikal 93%. Bedasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran model Missouri Mathematics Project (MMP) dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada pokok bahasan Prisma dan Limas di SMP Muhammadiyah 2 Purwokerto

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Chumaedi Sugihandardji, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Model Missouri Mathematics Project, pemahaman konsep matematis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 06 Mar 2017 05:17
Last Modified: 06 Mar 2017 05:17
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/924

Actions (login required)

View Item View Item