PENERAPAN KEBIASAAN GEMAR MEMBACA SISWA KELAS IV SD NEGERI 3 SOKARAJA KULON

SARI, ANJELINA RATNA (2019) PENERAPAN KEBIASAAN GEMAR MEMBACA SISWA KELAS IV SD NEGERI 3 SOKARAJA KULON. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (699kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (834kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (825kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (862kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (613kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (746kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Arus globalisasi merupakan suatu fenomena yang ditandai dengan perkembangan teknologi dan informasi yang pesat di masyarakat. Agar masyarakat tidak tertinggal dari arus globalisasi, maka harus mampu mengembangkan kemampuan yang dimilikinya, salah satunya melalui aktivitas membaca. Membaca memiliki makna yang sangat penting bagi manusia, kegiatan membaca dapat menambah wawasan dan pengetahuan yang luas dan mampu menjadikan seseorang berubah menjadi manusia baru yang tercerahkan dan kegiatan membaca juga mampu membuat masyarakat keluar dari tempurung pengetahuan yang kerdil. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan kebiasaan gemar membaca siswa kelas IV SD Negeri 3 Sokaraja Kulon. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Partisipan dalam penelitian ini meliputi kepala sekolah, guru kelas IV, dan siswasiswi kelas IV, serta petugas perpustakaan sekolah juga merupakan partisipan. Peneliti mengambil data melalui observasi, wawancara, dan dokumen terkait. Data-data tersebut diolah melalui proses pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk memastikan keabsahan data, peneliti menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran yang dilakukan sekolah dan guru dalam membangun kebiasaan gemar membaca siswa kelas IV SD Negeri 3 Sokaraja Kulon meliputi: (1) Meminta siswa membaca secara bergilir saat pembelajaran, (2) Memberi ajakan agar terbiasa membaca, (3) Mengajak siswa untuk membaca di perpustakaan, (4) Mengadakan jadwal jam wajib membaca di perpustakaan, (5) Menyediakan sarana dan prasarana di perpustakaan, dan (6) Mengadakan program untuk membangun kebiasaan gemar membaca. Hasil penelitian menunjukkan sekolah dan guru memiliki peranan penting dalam membangun kebiasaan gemar membaca, sekolah dan guru merupakan kunci utama untuk membangkitkan kebiasaan gemar membaca siswa kelas IV SD Negeri 3 Sokaraja Kulon.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Cicih Wiarsih, M.Pd., dan Asih Ernawati, Ph.D.,
Uncontrolled Keywords: Kebiasaan Gemar Membaca, Gemar Membaca, Usaha Sekolah dan Guru.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 11 Sep 2019 02:28
Last Modified: 11 Sep 2019 02:28
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/9230

Actions (login required)

View Item View Item