PENGEMBANGAN BAHAN PENGAYAAN CERITA FIKSI BERORIENTASI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS KEARIFAN LOKAL BANJARNEGARA UNTUK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

MARYATUN, SITI (2019) PENGEMBANGAN BAHAN PENGAYAAN CERITA FIKSI BERORIENTASI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS KEARIFAN LOKAL BANJARNEGARA UNTUK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Masters thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Siti Maryatun_JUDUL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Siti Maryatun_BAB I.pdf

Download (762kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Siti Maryatun_BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Siti Maryatun_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (850kB)
[img] Text
Siti Maryatun_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Siti Maryatun_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (622kB)
[img]
Preview
Text
Siti Maryatun_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (694kB) | Preview
[img] Text
Siti Maryatun_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (937kB)

Abstract

Cerita fiksi mempunyai nilai pendidikan yang sangat penting. Anak-anak secara alamiah akan membentuk kepribadiannya dan menjadi penyeimbang emosi secara wajar, menanamkan konsep dari harga diri, menanamkan kemampuan yang realistis, serta membentuk sifat-sifat kemanusiaan pada diri anak, seperti menghargai, kasih sayang, toleransi yang pada akhirnya akan membentuk karakter anak. Cerita fiksi dapat digali dari unsur kearifan lokal suatu daerah. Cerita fiksi berbasis kearifan lokal bermanfaat bagi pembentukan karakter bangsa, berkontribusi menciptakan identitas bangsa, serta melestarikan budaya bangsa. Pembelajaran Bahasa Indonesia materi cerita fiksi di kelas IV SD sudah diajarkan sesuai dengan bahan ajar yang telah ditentukan, menggunakan bahan ajar dan materi cerita fiksi yang ada di buku siswa yang dicetak oleh kemendikbud. Buku tersebut belum memuat cerita fiksi yang mencerminkan kearifan lokal daerah tempat tinggal siswa, serta penguatan karakter yang belum optimal. Oleh karena itu perlu dibuat prototype terkait. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D), penelitian dilakukan dengan tahapan survei pendahuluan, analisis kebutuhan, desain produk, validasi produk, revisi produk, uji coba lapangan, revisi hasil uji coba, revisi produk akhir, dan desiminasi produk. Sumber data kebutuhan prototype adalah siswa dan guru kelas IV SD Negeri 2 Kutabanjar, SD Negeri 4 Krandegan. Sumber data validasi produk adalah dosen ahli dari Universitas Muhammadiyah Purwokerto dan ahli desain. Analisis penilaian validasi ahli aspek penyajian materi 87,5%, aspek materi 97,5%, aspek bahasa dan keterbacaan 97,5%, dan aspek grafika 97, 2%. Hasil nilai pretest kelas kontrol 63,50%, postest 72,25%. Hasil pada kelas eksperimen, nilai pretes 65,50%, nilai postest 82,25%. Simpulan dari penelitian pengembangan ini adalah adanya perbedaan respon yang signifikan antara hasil kelas eksperimen terhadap kelas kontrol. Berdasarkan simpulan tersebut, maka bahan pengayaan cerita fiksi berorientasi pendidikan karakter berbasis kearifan lokal Banjarnegara untuk siswa kelas IV SD layak sebagai bahan pengayaan pada pembelajaran menulis cerita fiksi.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Bahan Pengayaan; Cerita Fiksi; Karakter; Kearifan Lokal
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Program Pascasarjana > Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Bandriyah .
Date Deposited: 09 Sep 2019 03:50
Last Modified: 09 Sep 2019 03:50
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/9227

Actions (login required)

View Item View Item