PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) MATERI VOLUME BANGUN RUANG TAK BERATURAN MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DI KELAS V SEKOLAH DASAR

RAHAYU, LIA SRI (2019) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) MATERI VOLUME BANGUN RUANG TAK BERATURAN MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DI KELAS V SEKOLAH DASAR. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Lia Sri Rahayu_JUDUL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lia Sri Rahayu_BAB I.pdf

Download (811kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lia Sri Rahayu_BAB II.pdf

Download (923kB) | Preview
[img] Text
Lia Sri Rahayu_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (879kB)
[img] Text
Lia Sri Rahayu_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
Lia Sri Rahayu_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (612kB)
[img]
Preview
Text
Lia Sri Rahayu_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (670kB) | Preview
[img] Text
Lia Sri Rahayu_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)

Abstract

Proses pembelajaran akan berjalan dengan baik apabila ditunjang dengan sarana belajar yang baik, salah satunya bahan ajar termasuk LKPD. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD materi volume bangun ruang tak beraturan menggunakan model Project Based Learning di kelas V sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model 4D menurut Thiagarajan, Semmel dan Semmel yang terdiri dari empat tahapan yaitu: Define (pendefisian), Design (desain), Develop (pengembangan), Disseminate (pendesiminasian/penyebaran). Penelitian dilakukan di SDN 1 Gandatapa dengan jumlah 23 peserta didik kelas V. Teknik pengumpulan data melalui tes dan non tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) LKPD dapat dijadikan sebagai bahan ajar yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran. 2) LKPD memperoleh skor rata-rata total dari validator ahli sebesar 3,41 dan memiliki kriteria sangat baik. 3) LKPD materi volume bangun ruang tak beraturan menerapkan pembelajaran menggunakan Lesson Study. Hasilnya peserta didik semangat dan senang dalam pembelajaran. 4) Respon guru terhadap LKPD skor rata-rata 4,42 dengan kriteria respon sangat baik. 5) Respon peserta didik terhadap LKPD memperoleh skor rata-rata 4,98 dengan kriteria respon sangat baik.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sony Irianto, M.Pd. dan Dr. Subuh Anggoro, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: LKPD; Volume Bangun Ruang Tak Beraturan; Project Based Learning; Sekolah Dasar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Bandriyah .
Date Deposited: 07 Sep 2019 02:45
Last Modified: 07 Sep 2019 02:45
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/9202

Actions (login required)

View Item View Item