TINGKAT FANATISME ANGGOTA DANCE COVER PADA K-POP (STUDI FENOMENOLOGI DI PURWOKERTO)

SAPUTRI, KURNIA PRIMA (2019) TINGKAT FANATISME ANGGOTA DANCE COVER PADA K-POP (STUDI FENOMENOLOGI DI PURWOKERTO). Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Kurnia Prima Saputri_JUDUL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Kurnia Prima Saputri_BAB I.pdf

Download (695kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Kurnia Prima Saputri_BAB II.pdf

Download (761kB) | Preview
[img] Text
Kurnia Prima Saputri_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (705kB)
[img] Text
Kurnia Prima Saputri_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (854kB)
[img] Text
Kurnia Prima Saputri_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (744kB)
[img]
Preview
Text
Kurnia Prima Saputri_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (685kB) | Preview
[img] Text
Kurnia Prima Saputri_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperlihatkan bagaimana Fanatisme yang ditunjukkan oleh fans K-Pop khususnya remaja anggota dance cover di Purwokerto. Penelitian ini menggunakan pendekata kualitatif, teknik pengumpulan data yaitu wawancara. Penelitian ini berfokus pada studi fenomenologis fanatisme yang dikaji berdasarkan indikator fanatisme yaitu imitasi, perilaku konsumtif, dan perilaku obsesif. Pada penelitian ini menggunakan cara triangulasi dalam pengujian data, khususnya triangulasi teknik. Jumlah subjek dalam penelitian ini ada empat yaitu PIPM, L, LS, RSP. Hasil yang diperoleh dari keempat subjek yang diteliti ditemukan bahwa tiga subjek yaitu PIPM, L, dan LS memiliki tingkat fanatisme yang sedang, dan subjek RSP berada dalam tingkat fanatisme rendah dikaitkan dengan indikator imitasi menunjukan bahwa subjek melakukan imitasi berupa mengikuti gaya, fashion, kepercayaan, dan make up idola dalam keseharian mereka, dibuktikan dengan PIPM, L, dan LS yang mengikuti gaya bicara maupun gaya rambut dari idolanya. Selain itu keempat subjek mengikuti style fashion dari idolanya dengan cara memakai pakaian yang sama dengan idolanya. Keempat subjek mempercayai kepercayaan dari idolanya yang dibuktikan dengan subjek yang memakai barang keberuntungan dari idolanya dan juga mempercayai apapun yang dikatakan oleh idolanya. Indicator perilaku konsumtif yaitu selalu membeli barang yang berhubungan dengan idolanya, dibuktikan dengan sering membeli saat idolanya merilis album ataupun merchandise. Selain itu juga mereka membeli baju idolanya. Sesuai dengan teori perilaku konsumtif dari Sumartono yaitu menggunakan suatu produk secara tidak tuntas yang artinya selalu membeli barang tertentu walupun barang tersebut masih dapat digunakan ataupun masih bagus. Indikator perilaku obsesif yaitu menonton konser dan gathering atau projek donasi untuk idolanya, dibuktikan dengan menonton konser idolanya, mengikuti gathering, dan berdonasi, selain itu ketiga subjek juga membela idolanya. Berbeda dengan RSP yang menganggap menonton konser itu tidak penting karena membuang-buang uang.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Nur’aeni, S.Psi., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Dance Cover, Fanatisme, Fans, Kpop, Purwokerto, Remaja
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Bandriyah .
Date Deposited: 07 Sep 2019 02:28
Last Modified: 07 Sep 2019 02:28
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/9200

Actions (login required)

View Item View Item