MENINGKATKAN RASA INGIN TAHU DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VII DI MTs NEGERI 3 BANYUMAS DENGAN PEMBELAJARAN BRAIN-BASED LEARNING

ERNAWANTI, EVI (2019) MENINGKATKAN RASA INGIN TAHU DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VII DI MTs NEGERI 3 BANYUMAS DENGAN PEMBELAJARAN BRAIN-BASED LEARNING. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
EVI E. COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
EVI E. BAB I.pdf

Download (729kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EVI E. BAB II.pdf

Download (754kB) | Preview
[img] Text
EVI E. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (881kB)
[img] Text
EVI E. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (869kB)
[img] Text
EVI E. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (625kB)
[img]
Preview
Text
EVI E. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (681kB) | Preview
[img] Text
EVI E. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Rasa ingin tahu dan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII E masih rendah. Upaya yang dilakukan peneliti untuk mengatasi rendahnya rasa ingin tahu dan kemampuan komunikasi matematis yaitu dengan menggunakan pembelajaran brain-based learning dalam poses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan rasa ingin tahu dan kemampuan komunikasi matematis siswa melalui pembelajaran brain-based learning di kelas VII E MTs Negei 3 Banyumas. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tiga siklus, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII E MTs Negeri 3 Banyumas sebanyak 21 siswa. Prosedur pelaksanaan setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi dan evaluasi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes berupa evaluasi yang diberikan pada setiap akhir siklus dan teknik non tes berupa angket sikap rasa ingin tahu siswa, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil angket rasa ingin tahu pada siklus I mencapai nilai rata-rata 44,52; siklus II mencapai nilai rata-rata 52,09; mengalami peningatan pada siklus III mencapai nilai rata-rata 53,33; sedangkan berdasarkan tes kemampuan komunikasi matematis pada siklus I mencapai nilai rata-rata 55,56; siklus II mencapai nilai rata-rata 63,49; mengalami peningatan pada siklus III mencapai nilai rata-rata 78,31. Hasil penelitian tesebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran brain-based learning dapat meningkatkan rasa ingin tahu dan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII E MTs Negei 3 Banyumas.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Anton Jaelani, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Rasa Ingin Tahu; Kemampuan Komunikasi Matematis; Brain-based Learning;
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Riski Wismana
Date Deposited: 31 Aug 2019 01:26
Last Modified: 31 Aug 2019 01:26
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/9150

Actions (login required)

View Item View Item