STUDI KOMPARASI ANTARA GAYA BELAJAR DENGAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA DI SD NEGERI 2 MERSI

KUSUMA, ALDITA YESRI BAITI (2018) STUDI KOMPARASI ANTARA GAYA BELAJAR DENGAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA DI SD NEGERI 2 MERSI. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
ALDITA YESRI B.K_COVER.pdf

Download (932kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ALDITA YESRI B.K_BAB I.pdf

Download (621kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ALDITA YESRI B.K_BAB II.pdf

Download (744kB) | Preview
[img] Text
ALDITA YESRI B.K_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (647kB)
[img] Text
ALDITA YESRI B.K_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (938kB)
[img] Text
ALDITA YESRI B.K_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (667kB)
[img]
Preview
Text
ALDITA YESRI B.K_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (619kB) | Preview
[img] Text
ALDITA YESRI B.K_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kemampuan membaca menjadi salah satu bentuk kemampuan berbahasa yang penting dikuasai siswa. Dengan membaca siswa akan memperoleh informasi yang sebelumnya belum pernah didapatkannya. Setiap siswa memiliki gaya belajar yang berbeda. Kemampuan belajar siswa akan berbeda jika gaya belajar yang dimiliki berbeda pula. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan membaca pemahaman siswa dengan gaya belajar visual, auditorial dan kinestetik. Jenis penelitian merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini yaitu 63 siswa yang terdiri dari 22 siswa kelas 4, 19 siswa kelas 5, dan 22 siswa kelas 6. Sampel dari penelitian ini yaitu 45 siswa dengan 15 siswa tiap kelasnya yang dipilih secara acak. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan tes. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus independent sample t-test (two tailed). Hasil penelitian ini adalah 1) Hasil uji hipotesis pertama diperoleh nilai thitung < ttabel atau 0,585 < 2,048 menunjukan bahwa tidak terdapat perbedaan kemampuan membaca antara gaya belajar visual dan gaya belajar auditorial. 2) Hasil uji hipotesis kedua diperoleh nilai thitung > ttabel atau 2,082 > 2,048 menunjukan bahwa terdapat perbedaan kemampuan membaca antara gaya belajar visual dan gaya belajar kinestetik. 3) Hasil uji hipotesis ketiga diperoleh nilai thitung > ttabel atau 2,460 > 2,048 menunjukan bahwa terdapat perbedaan kemampuan membaca antara gaya belajar auditorial dan gaya belajar kinestetik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa faktor gaya belajar membedakan kemampuan membaca siswa. Disamping faktor gaya belajar terdapat beberapa faktor lain yang juga membedakan kemampuan membaca siswa, diantaranya faktor fisiologis, faktor intelektual, faktor lingkungan, dan faktor psikologis.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing : Santhy Hawanti, Ph.D., Dan Aji Heru Muslim, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Gaya Belajar, Kemampuan Membaca
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Amri Hariri, SIP.
Date Deposited: 10 Aug 2019 04:09
Last Modified: 10 Aug 2019 04:09
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/9037

Actions (login required)

View Item View Item