UPAYA MENINGKATKAN KEMANDIRIAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA TEMA SEHAT ITU PENTING MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF TIPE WORD SQUARE DI KELAS V SD NEGERI 1 KECEPIT

SETYANINGRUM, DIANA EKA (2018) UPAYA MENINGKATKAN KEMANDIRIAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA TEMA SEHAT ITU PENTING MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF TIPE WORD SQUARE DI KELAS V SD NEGERI 1 KECEPIT. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
DIANA EKA S_COVER.pdf

Download (890kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DIANA EKA S_BAB I.pdf

Download (627kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DIANA EKA S_BAB II.pdf

Download (774kB) | Preview
[img] Text
DIANA EKA S_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
DIANA EKA S_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (954kB)
[img] Text
DIANA EKA S_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (614kB)
[img]
Preview
Text
DIANA EKA S_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (653kB) | Preview
[img] Text
DIANA EKA S_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract

Penelitian di SD Negeri 1 Kecepit dilatarbelakangi oleh rendahnya kemandirian dan prestasi belajar siswa khususnya pada mata pelajaran IPA. Rendahnya kemandirian siswa ini ditandai dengan kurang aktifnya siswa dalam mengikuti proses pembelajaran dan saat mengerjakan tugas individu yang diberikan oleh guru. Sebagian besar siswa masih mencontek pekerjaan siswa lain. Hal tersebut berpengaruh terhadap pretasi belajar siswa yang rendah, khususnya pada mata pelajaran IPA. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemandirian dan prestasi belajar siswa pada tema 4 sehat itu penting, subtema 3 cara memelihara kesehatan organ peredaran darah dengan pendekatan scientific dan model pembelajaran inovatif tipe word square. Subyek pada penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Kecepit dengan jumlah siswa 29 yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan 3 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Prosedur pelaksanaan pada setiap pertemuan meliputi perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan tes. Hasil angket kemandirian siswa pada siklus I memperoleh skor rata-rata 2,33 dengan kriteria cukup. Siklus II memperoleh ratarata 2,97 dengan dengan kriteria cukup, serta rata-rata 3,28 pada siklus III dengan dengan kriteria baik. Prestasi belajar siswa, khususnya pada mata pelajaran IPA pada siklus I diperoleh rata-rata 61,59 dengan persentase ketuntasan sebesar 51,72%, siklus II memperoleh rata-rata 70,07 dengan ketuntasan klasikal sebesar 65,52%, serta siklus III memperoleh rata-rata sebesar 80,34 dengan ketuntasan klasikal sebesar 86,20%.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Karma Iswasta Eka, M.Si., Dan Tri Yuliansyah Bintaro, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: kemandirian, prestasi belajar, pendekatan scientific, model pembelajaran inovatif tipe word square
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Amri Hariri, SIP.
Date Deposited: 10 Aug 2019 03:24
Last Modified: 10 Aug 2019 04:15
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/9027

Actions (login required)

View Item View Item