PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK (LKPD) MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA KURIKULUM 2013 DI KELAS IV SEKOLAH DASAR SKRIPSI Diajukan untuk Memenuhi Sebagian dari Syarat Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Oleh: ANY SALAMAH 1401100262 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO 2018

SALAMAH, ANY (2018) PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK (LKPD) MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA KURIKULUM 2013 DI KELAS IV SEKOLAH DASAR SKRIPSI Diajukan untuk Memenuhi Sebagian dari Syarat Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Oleh: ANY SALAMAH 1401100262 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO 2018. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
ANY SALAMAH_COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ANY SALAMAH_BAB 1.pdf

Download (656kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ANY SALAMAH_BAB II.pdf

Download (929kB) | Preview
[img] Text
ANY SALAMAH_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
ANY SALAMAH_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
ANY SALAMAH_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (642kB)
[img]
Preview
Text
ANY SALAMAH_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (643kB) | Preview
[img] Text
ANY SALAMAH_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). LKPD merupakan perangkat yang digunakan dalam pembelajaran. Penulis mengembangkan LKPD menggunakan model Project Based Learning (PjBL) yang bertujuan untuk: 1) mengetahui kondisi faktual penggunaan LKPD di sekolah dasar; 2) mengetahui pengembangan LKPD dengan model PjBL materi bangun datar di kelas IV; 3) mengetahui LKPD dengan model PjBL materi bangun datar di kelas IV yang valid; 4) mengetahui respon guru terhadap LKPD dengan model PjBL materi bangun datar di kelas IV; 5) mengetahui respon peserta didik terhadap LKPD dengan model PjBL materi bangun datar di kelas IV; 6) mengetahui pengaruh pengguanaan LKPD dengan model PjBL materi bangun datar di kelas IV terhadap prestasi belajar peserta didik. Peneliti melihat kondisi nyata di sekolah yang membutuhkan pengembangan LKPD dan penyempurnaan LKPD berdasarkan LKPD yang tersedia. Proses penelitian dan pengembangan menggunakan langkah-langkah teori Borg and Gall dengan megikuti enam tahapan. LKPD telah divalidasi oleh validator ahli mendapatkan rata-rata 4,3 dengan kategori sangat baik, penilaian guru mendapatkan rata-rata 4,3 dengan kriteria sangat baik, serta respon peserta didik terhadap LKPD yang digunakan dalam pembelajaran rata-rata yang dihasilkan dapat dikatakan sangat baik atau sangat positif berdasarkan hasil persentase dari sangat baik, baik dan cukup baik yaitu 97,1%. Uji coba dilakukan berdasarkan hasil post test dari kelas eksperimen dan kelas kontrol disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan LKPD terhadap prestasi peserta didik. Berdasarkan hasil yang diperoleh maka LKPD dengan model Project Based Learning untuk peserta didik Sekolah Dasar kelas IV dapat digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Sony Irianto, M.Pd., Dan Cicih Wiarsih, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: LKPD, Project Based Learning (PjBL), Research and Development (R&D)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Amri Hariri, SIP.
Date Deposited: 10 Aug 2019 03:14
Last Modified: 10 Aug 2019 04:16
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/9021

Actions (login required)

View Item View Item