PENGARUH HAMBATAN SAMPING PASAR SAMPANG TERHADAP KINERJA JALAN (Study Kasus Jl.Tugu Barat Sampang, Kab.CILACAP)

ALDILA, FIAT (2016) PENGARUH HAMBATAN SAMPING PASAR SAMPANG TERHADAP KINERJA JALAN (Study Kasus Jl.Tugu Barat Sampang, Kab.CILACAP). Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Fiat Aldila_JUDUL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Fiat Aldila_BAB I.pdf

Download (627kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Fiat Aldila_BAB II.pdf

Download (900kB) | Preview
[img] Text
Fiat Aldila_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (613kB)
[img] Text
Fiat Aldila_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (817kB)
[img] Text
Fiat Aldila_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (491kB)
[img]
Preview
Text
Fiat Aldila_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (489kB) | Preview
[img] Text
Fiat Aldila_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Keberadaan pasar pada sebuah tata guna lahan akan menimbulkan banyaknya hambatan samping. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak hambatan samping yang ditimbulkan pasar Sampang Kabupaten Cilacap terhadap kinerja ruas jalan Tugu Barat di Sampang. Penelitian dilakukan dengan mengumpulkan data primer berupa data volume lalu lintas jalan, data hambatan samping, data keluar masuk kendaraan pasar dan antrian kendaraan. Sedangkan data sekunder berupa data geometrik ruas jalan Tugu Barat. Pengolahan data dilakukan berdasarkan perhitungan MKJI 1997 untuk jalan perkotaan, kemudian hasil dari perhitungan dibandingkan tanpa pengaruh hambatan sampingpasar dan dengan adanya pengaruh hambatan samping pasar. Hasil perhitungan dengan adanya pengaruh hambatan samping dari pasar sampang di jalan Tugu Barat mengalami penurunan kinerja jalan yang dapat ditunjukan naiknya arus total ( Q ) dari 818,7 menjadi 1170,25 smp/jam. Dengan berubahnya nilai (Q) maka nilai-nilai kuantitatif lainya yang mempengaruhi kinerja jalan ikut berubah yaitu: kapasitas dari 2784,87 smp/jam menjadi 2270,7smp/jam, kecepatan arus bebas (FV ) 44,4km/jam menjadi 36,9 km/jam, derajat kejenuhan (DS) 0,29 menjadi 0,51, kecepatan sesungguhnya (Vlv) 51,9 km/jam menjadi 41,3 km/jam, waktu tempuh ( TT ) 28,08 detik menjadi 34,84 detik. Dengan menurunya kinerja jalan berarti tingkat pelayanan jalan juga ikut menurun.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Sulfah Anjarwati, S.T., M.T. dan Juanita, S.T., M.T.
Uncontrolled Keywords: Hambatan Samping, Kinerja Jalan, Pasar Sampang
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Bandriyah .
Date Deposited: 03 Mar 2017 02:25
Last Modified: 03 Mar 2017 02:25
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/902

Actions (login required)

View Item View Item