PENINGKATAN PARTISIPASI DAN PRESTASI BELAJAR PKn PADA MATERI PENGARUH GLOBALISASI DI LINGKUNGANNYA MELALUI METODE MIND MAPPING SISWA KELAS IV DI SEKOLAH DASAR

SUDARYANTI, UJI (2015) PENINGKATAN PARTISIPASI DAN PRESTASI BELAJAR PKn PADA MATERI PENGARUH GLOBALISASI DI LINGKUNGANNYA MELALUI METODE MIND MAPPING SISWA KELAS IV DI SEKOLAH DASAR. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
UJI SUDARYANTI_COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
UJI SUDARYANTI_BAB I.pdf

Download (775kB) | Preview
[img]
Preview
Text
UJI SUDARYANTI_BAB II.pdf

Download (924kB) | Preview
[img] Text
UJI SUDARYANTI_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (958kB)
[img] Text
UJI SUDARYANTI_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
UJI SUDARYANTI_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (691kB)
[img]
Preview
Text
UJI SUDARYANTI_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (825kB) | Preview
[img] Text
UJI SUDARYANTI_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17MB)

Abstract

Prestasi belajar PKn siswa IV masih dalam kategori rendah dilihat dari hasil evaluasi belajar selama ini. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi dan prestasi belajar PKn materi pengaruh globalisasi di lingkungannya melalui metode mind mapping di kelas IV SD Negeri 2 karangkedawung melalui penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 29 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dimana dalam setiap siklusnya terdiri dari 2 pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan partisipasi siswa dan prestasi belajar pada mata pelajaran PKn materi pengaruh globalisasi di lingkungannya melalui metode mind mapping. Peningakatan tersebut dapat dilihat dari setiap siklus yaitu siklus I partisipasi siswa mencapai nilai rata-rata 2,42 dengan kriteria cukup, sedangkan pada siklus II nilai rata-rata menjadi 3,4 dengan kriteria sangat baik. Pada hasil prestasi belajar siswa juga meningkat dengan dilihat siklus I memperoleh 69,71% dengan ketuntasan belajar 67,86% dan siklus II memperoleh 86,43 dengan ketuntasan belajar 92,86%. Penelitian ini disimpulkan bahwa pembelajaran PKn dengan menggunakan metode mind mapping dapat meningkatkan partisipasi dan prestasi belajar PKn siswa kelas IV SD Negeri 2 Karangkedawung.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing : Drs. H. Sri Harmianto M.Pd., & Pratik Hari Yuwono, S.Sn., M.A.
Uncontrolled Keywords: Partisipasi, Prestasi belajar, PKn, Mind Mapping.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Amri Hariri, SIP.
Date Deposited: 10 Aug 2019 02:26
Last Modified: 10 Aug 2019 02:26
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/9012

Actions (login required)

View Item View Item