PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL MIND MAPPING MENGGUNAKAN MEDIA JARUM PERJUANGAN DI KELAS V SD NEGERI 1 SOKAWERA

ISTIGHFARANI, DZIKRINA (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL MIND MAPPING MENGGUNAKAN MEDIA JARUM PERJUANGAN DI KELAS V SD NEGERI 1 SOKAWERA. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
JUDUL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (514kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (716kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (803kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (503kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (580kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14MB)

Abstract

Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada materi IPS dengan metode pembelajaran konvensional dan kurangnya penggunaan media pembelajaran sehingga diperlukan upaya perbaikan pembelajaran. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa pada aspek kognitif, afektif, dan psikomotor melalui model mind mapping menggunakan media jarum perjuangan di kelas V SD Negeri 1 Sokawera. PTK ini terdiri dari 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan yang dilakukan melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Objek penelitian adalah semua siswa kelas V SD Negeri 1 Sokawera yang berjumlah 21 siswa. Hasil penelitian menujukkan bahwa pada aspek kognitif siklus I diperoleh ketuntasan belajar sebesar 67% dan pada siklus II mencapai ketuntasan belajar sebesar 86%, terjadi peningkatan sebesar 19%. Pada aspek afektif terjadi peningkatan yaitu pada siklus I diperoleh skor rata-rata sebesar 2,44 dan pada siklus II sebesar 3,25. Pada aspek psikomotor diperoleh skor rata-rata sebesar 2,7 pada siklus I dan 3,47 pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui model Mind Mapping menggunakan media jarum perjuangan dapat meningkatkan hasil belajar IPS di kelas V SD Negeri 1 Sokawera.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sri Harmianto, M.Pd. dan Drs. Pamujo, M.M., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; Mind Mapping; Media Jarum Perjuangan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Bandriyah .
Date Deposited: 13 Oct 2016 01:25
Last Modified: 13 Oct 2016 01:25
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/9

Actions (login required)

View Item View Item