PEMBELAJARAN SEJARAH DALAM PEMBENTUKAN JIWA NASIONALISME PESERTA DIDIK KELAS X TKRO DI SMK WIWOROTOMO PURWOKERTO TAHUN AJARAN 2018/2019

RIZKY, PRATOMO KAMALA (2019) PEMBELAJARAN SEJARAH DALAM PEMBENTUKAN JIWA NASIONALISME PESERTA DIDIK KELAS X TKRO DI SMK WIWOROTOMO PURWOKERTO TAHUN AJARAN 2018/2019. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (793kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (980kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (682kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (806kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (657kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (654kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (649kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran sekolah sebagai salah satu wadah untuk membentuk karakter generasi penerus bangsa agar memiliki jiwa nasionalisme yang kuat, serta peran pembelajaran sejarah sebagai salah satu pelajaran yang memuat nilai-nilai yang dapat membentuk jiwa nasionalisme kepada peserta didik. Penelitian ini menggunakan dua pendekatan, yaitu kualitatif dan kuantitatif. Untuk pendekatan kualitatif, metode yang digunakan dalam adalah studi deskriptif, sedangkan dalam pendekatan kuantitatif menggunakan metode survei berkenaan dengan sikap nasionalisme peserta didik. Pengambilan data dilakukan menggunakan observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X TKRO 1, X TKRO 2, dan X TKRO 3. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Peneliti juga menggunakan angket untuk menganalisis data kuantitatif, berkenaan dengan sikap Nasionalisme peserta didik kelas X TKRO. Hasil penelitian menunjukan bahwa sekolah telah ikut berpartisipasi aktif dalam proses pembentukan jiwa nasionalisme peserta didik yang merupakan generasi penerus bangsa, melalui kebijakan-kebijakan atau pembiasaan yang diterapkan. Selain itu. pembelajaran sejarah memegang peranan penting dalam mengajarkan para generasi muda mengenai perjuangan para pahlawan dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia pada zaman dahulu dan menanamkan nilai-nilai nasionalisme seperti cinta tanah air, rela berkorban, persatuan dan kesatuan, kerjasama, harga menghargai dan bangga menjadi bangsa Indonesia. Dengan harapan akan menumbuhkan jiwa nasionalisme yang kuat dalam diri peserta didik. Beberapa kendala-kendala juga dihadapidalam proses pembentukan jiwa nasionalisme, seperti latar belakang peserta didik yang beraneka ragam, kurangnya pengawasan dari beberapa orang tua/wali peserta didik, serta kendala teknis lainnya. Akan tetapi, proses pembentukan jiwa nasionalisme di SMK Wiworotomo tetap berjalan dengan lancar, hal ini dibuktikan dengan bukti bahwa sikap nasionalisme dari peserta didik yang baik seperti, mengikuti upacara bendera dengan khidmat, mengikuti kegiatan pramuka secara rutin dan pelaksanaan penggalangan dana untuk membantu saudara mereka yang mengalami musibah.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Asep Daud Kosasih, S.Pd., M.Ag., dan Farida Luwistiana, S.Pd., M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Sejarah, Jiwa Nasionalisme, Peserta Didik
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 08 Aug 2019 02:21
Last Modified: 08 Aug 2019 02:21
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/8995

Actions (login required)

View Item View Item