UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MENGGUNAKAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN INTERAKTIF SISWA KELAS VIII A SMP MUHAMMADIYAH KEDUNGBANTENG

SETIANI, OKI (2018) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MENGGUNAKAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN INTERAKTIF SISWA KELAS VIII A SMP MUHAMMADIYAH KEDUNGBANTENG. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (881kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (622kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (753kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (855kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (612kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (586kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa menggunakan Problem Based Learning (PBL) dengan strategi pembelajaran interaktif. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII A SMP Muhammadiyah Kedungbanteng yang berjumlah 28 siswa terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus dimana setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi, dan refleksi. Instrumen untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah siswa menggunakan tes evaluasi yang diberikan setiap akhir siklus. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah pada siklus I yaitu 49,64 dengan kriteria cukup; nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah pada siklus II yaitu 60,77 dengan kriteria baik; dan nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah pada siklus III yaitu 70,58 dengan kriteria baik. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penerapan Problem Based Learning (PBL) dengan strategi pembelajaran interaktif dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII A SMP Muhammadiyah Kedungbanteng.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Joko Purwanto, M.Si,
Uncontrolled Keywords: Pemecahan masalah, Problem Based Learning (PBL), Interaktif
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 07 Aug 2019 03:46
Last Modified: 07 Aug 2019 03:46
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/8993

Actions (login required)

View Item View Item