PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) MATEMATIKA MATERI KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR BERBASIS DISCOVERY LEARNING DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA KURIKULUM 2013 DI KELAS IV SEKOLAH DASAR

DINIATI, DIEN DINA (2018) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) MATEMATIKA MATERI KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR BERBASIS DISCOVERY LEARNING DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA KURIKULUM 2013 DI KELAS IV SEKOLAH DASAR. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (735kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (897kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (715kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (707kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD Matematika materi keliling dan luas bangun datar berbasis discovery learning dengan pendekatan saintifik di Sekolah Dasar. Sampel yang digunakan sebanyak 20 peserta didik dari 37 peserta didik kelas IV SD di UPK Kembaran. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non tes yang meliputi pretest, posttest, validasi ahli, penilaian guru, dan angket respon peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1) bentuk LKPD yang ada di sekolah dasar belum memenuhi kriteria secara format, 2) Penggunaan LKPD di sekolah dasar kurang optimal, 3) Pengembangan LKPD Matematika materi keliling dan luas bangun datar berbasis discovery learning dengan pendekatan saintifik merupakan salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan yang ada di sekolah dasar, 4) Uji hipotesis menyatakan bahwa LKPD Matematika materi keliling dan luas bangun datar berbasis discovery learning dengan pendekatan saintifik berpengaruh terhadap prestasi belajar peserta didik, 5) Penilaian guru terhadap LKPD Matematika materi keliling dan luas bangun datar berbasis discovery learning dengan pendekatan saintifik memperoleh skor rata-rata 3,92 dan apabila dikonsultasikan dengan indikator pencapaian nilai guru dapat dinyatakan dengan kategori “baik” sehingga LKPD perlu direvisi sedikit untuk siap digunakan di dalam proses pembelajaran, 6) Angket respon peserta didik terhadap LKPD Matematika materi keliling dan luas bangun datar berbasis discovery learning dengan pendekatan saintifik memperoleh rata-rata 4,5 dan dapat dikategorikan respon peserta didik sangat baik terhadap pembelajaran menggunakan LKPD. Hasil penelitian tersebut menunjukan bahwa terdapat kekurangan dari segi format pada LKPD yang ada di sekolah dasar, penggunaan LKPD yang kurang optimal, pengembangan LKPD matematika materi keliling dan luas bangun datar berbasisi discovery learning dengan pendekatan saintifik menjadi salah satu alternatif untuk menatasi kekurangan LKPD yang ada di sekolah dasar, terdapat pengaruh LKPD matematika materi keliling dan luas bangun datar berbasisi discovery learning dengan pendekatan saintifik terhadap prestasi belajar peserta didik, dan penilain guru serta respon peserta didik yang baik terhadap LKPD matematika materi keliling dan luas bangun datar berbasis discovery learning dengan pendekatan saintifik.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sony Irianto, M.Pd., dan Arifin Muslim, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: LKPD, Matematika, Keliling dan Luas Bangun Datar, Discovery Learning, Pendekatan saintifik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 06 Aug 2019 01:16
Last Modified: 06 Aug 2019 01:16
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/8946

Actions (login required)

View Item View Item