PENGARUH PENERAPAN SPO BERBASIS CPFB TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN STUDI KASUS DI APOTEK GELIS WARAS KLUWUT BULAKAMBA BREBES

CITRA, NOKTAFIA DIANA (2018) PENGARUH PENERAPAN SPO BERBASIS CPFB TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN STUDI KASUS DI APOTEK GELIS WARAS KLUWUT BULAKAMBA BREBES. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
NOKTAFIA DIANA CITRA_COVER.pdf

Download (951kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NOKTAFIA DIANA CITRA_BAB I.pdf

Download (751kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NOKTAFIA DIANA CITRA_BAB II.pdf

Download (822kB) | Preview
[img] Text
NOKTAFIA DIANA CITRA_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (802kB)
[img] Text
NOKTAFIA DIANA CITRA_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (912kB)
[img] Text
NOKTAFIA DIANA CITRA_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (690kB)
[img]
Preview
Text
NOKTAFIA DIANA CITRA_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (793kB) | Preview
[img] Text
NOKTAFIA DIANA CITRA_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Dalam perkembangannya di setiap apotek perlu adanya Standar Prosedur Operasional (SPO) agar tercapai kepuasan pasien atau konsumen sehingga tujuan utama pelayanan kefarmasian untuk kesembuhan pasien dapat tercapai. Kepuasan konsumen terhadap pelayanan kefarmasian di apotek dapat diukur dengan membandingkan antara harapan konsumen terhadap kualitas pelayanan kefarmasian yang diinginkan dengan kenyataan yang diterimanya. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan antara perubahan SPO (Standar Prosedur Operasional) sebelum berbasis CPFB (Cara Pelayanan Farmasi Baik) dan SPO sesudah CPFB terhadap Kepuasan Konsumen di Apotek Gelis Waras Kluwut, Kecamatan Bulakamba, Kabupaten Brebes tahun 2018. Penelitian ini menggunakan metode observasional deskriptif kualitatif dan data diolah dengan menggunakan Uji keampuhan kuisioner berupa Uji Validitas dan Uji reliabilitas serta Uji hipotesis dengan menggunakan Uji korelasi product moment, Uji Servqual dan GAP, Uji t Test berpasangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pasien merasa puas dengan pelayanan kefarmasian di apotek yang mengacu pada SPO berbasis CPFB. Hipotesis pertama terbukti dengan diperoleh korelasi X1&Y1: 0,3621 dan korelasi X2 &Y2 0,7894 keduanya memiliki r hit ≥ r tabel dengan N=40 yaitu 0,312. Uji Servqual terbukti ada perbedaan GAP kepuasan konsumen Y1 dan Y2 sebagai berikut : 1.Dimensi Bukti Fisik (1 ≥ 0,33), 2. Dimensi Daya Tanggap (0,9 ≥ 0,19), 3. Dimensi Empati (0,85 ≥ 0,13), 4. Dimensi Reability (0,9 ≥ 0,3), 5. Dimensi Jaminan (1,08 ≥ 0,4). Hipotesis Kedua terbukti dengan hasil Uji T test berpasangan yang diperoleh dari indeks kepuasan konsumen Y1 dan Y2 dengan hasil 10,440 ≥ t tabel/r kritik N=30 sebesar 2,750.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing : M. Ilham N Aji Wibowo, MPH.,Apt,. & Ika Nurzijah, M.Sc.,Apt.
Uncontrolled Keywords: SPO Apotek, CPFB Farmasi, Kepuasan Konsumen Apotek.
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi > Farmasi
Depositing User: Amri Hariri, SIP.
Date Deposited: 01 Aug 2019 02:10
Last Modified: 01 Aug 2019 02:10
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/8914

Actions (login required)

View Item View Item