DESKRIPSI KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA MTs NURUL HUDA NU PESANGGRAHAN DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN DAN GENDER

AFIYAH, LULUATUL (2018) DESKRIPSI KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA MTs NURUL HUDA NU PESANGGRAHAN DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN DAN GENDER. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
LULUATUL AFIYAH_COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
LULUATUL AFIYAH_BAB I.pdf

Download (726kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LULUATUL AFIYAH_BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
LULUATUL AFIYAH_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (980kB)
[img] Text
LULUATUL AFIYAH_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
LULUATUL AFIYAH_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (703kB)
[img]
Preview
Text
LULUATUL AFIYAH_BAB DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (818kB) | Preview
[img] Text
LULUATUL AFIYAH_COVER.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis siswa laki-laki dan perempuan yang memiliki tipe kepribadian introvert dan ekstrovert pada materi lingkaran siswa kelas VIII MTs Nurul Huda NU Pesanggrahan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek pada penelitian ini adalah kelas VIIIE dan VIIIF. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling yang terdiri dari tiga siswa untuk setiap kelompok , yaitu : kelompok siswa laki-laki introvert, kelompok siswa laki laki ekstrovert, kelompok siswa perempuan introvert, serta kelompok siswa perempuan ekstrovert. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu kuesioner tipe kepribadian, tes kemampuan penalaran matematis, dan pedoman wawancara. Uji validasi menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Siswa laki-laki dengan tipe kepribadian introvert mampu menguasai indikator yaitu membuat manipulasi, dan memeriksa kebenaran suatu argumen; (2) Siswa laki-laki dengan tipe kepribadian ekstrovert mampu memenuhi indikator membuat kesimpulan logis, dan membuktikan kebenaran suatu argumen; (3) Siswa perempuan dengan tipe kepribadian introvert mampu menguasai indikator membuat manipulasi, membuktikan kebenaran suatu argumen, dan membuat dugaan (conjecture); dan (4) Siswa perempuan dengan tipe kepribadian ekstrovert mampu menguasai indikator membuat kesimpulan logis, membuktikan kebenaran suatu argumen, membuat dugaan (conjecture), dan membuat hubungan dari permasalahan yang tersaji.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing : Drs. H Kusno, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kemampuan penalaran matematis, tipe kepribadian introvert-ekstrovert, gender
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Amri Hariri, SIP.
Date Deposited: 30 Jul 2019 02:38
Last Modified: 30 Jul 2019 02:38
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/8882

Actions (login required)

View Item View Item