MENINGKATKAN PERCAYA DIRI DAN PRESTASI BELAJAR IPA MATERI STRUKTUR BUMI MELALUI PEMBELAJARAN ARTIKULASI DI KELAS V SD NEGERI 1 KLAHANG

APRIATIN, ILA AYU (2018) MENINGKATKAN PERCAYA DIRI DAN PRESTASI BELAJAR IPA MATERI STRUKTUR BUMI MELALUI PEMBELAJARAN ARTIKULASI DI KELAS V SD NEGERI 1 KLAHANG. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
ILA AYU APRIATIN_COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ILA AYU APRIATIN_BAB I.pdf

Download (755kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ILA AYU APRIATIN_BAB II.pdf

Download (877kB) | Preview
[img] Text
ILA AYU APRIATIN_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (943kB)
[img] Text
ILA AYU APRIATIN_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
ILA AYU APRIATIN_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (686kB)
[img]
Preview
Text
ILA AYU APRIATIN_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (763kB) | Preview
[img] Text
ILA AYU APRIATIN_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (26MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah masih rendahnya percaya diri dan prestasi belajar siswa di kelas SD Negeri 1 Klahang. Siswa belum mampu menunjukkan sikap percaya dirinya pada saat proses pembelajaran berlangsung selama di kelas. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan percaya diri dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi struktur bumi melalui model artikulasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian siswa kelas V SD Negeri 1 Klahang yang berjumlah 27 siswa yang terdiri dari 11 siswa perempuan dan 16 siswa laki-laki. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Penelitian ini menggunakan teknik tes dan nontes. Data percaya diri siswa diperoleh pada observasi percaya diri yang diamati setiap pertemuan dan skala sikap percaya diri yang diberikan kepada siswa pada setiap akhir siklus, sedangkan prestasi belajar diperoleh dari tes evaluasi yang diberikan setiap pertemuan. Berdasarkan penelitian tersebut diperoleh nilai rata-rata observasi percaya diri pada siklus I sebesar 2,36 dengan kriteria kurang kemudian meningkat pada siklus II sebesar 2,90 dengan kriteria baik, sedangkan nilai rata-rata skala sikap percaya diri pada siklus I sebesar 2,48 dengan kriteria kurang kemudian meningkat pada siklus II sebesar 3,02 dengan kriteria baik. Prestasi belajar siswa memperoleh nilai rata-rata pada siklus I 70,82 dengan ketuntasan 66% kemudian pada siklus II meningkat menjadi 85,18 dengan ketuntasan 85,5%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model artikulasi dapat meningkatkan percaya diri dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran IPA materi struktur bumi di kelas V SD Negeri 1 Klahang.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Karma Iswasta Eka, M.Si., & Arifin Muslim, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Percaya Diri, Prestasi Belajar, IPA, Model Artikulasi ix
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Amri H
Date Deposited: 30 Jul 2019 01:11
Last Modified: 30 Jul 2019 01:11
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/8874

Actions (login required)

View Item View Item