EFEKTIVITAS PENERAPAN SCAFFOLDING DALAM KEGIATAN MENDONGENG TERHADAP KEMAMPUAN BAHASA ANAK USIA DINI

AJMI, RANI NURUL (2018) EFEKTIVITAS PENERAPAN SCAFFOLDING DALAM KEGIATAN MENDONGENG TERHADAP KEMAMPUAN BAHASA ANAK USIA DINI. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_RANI NURUL AJMI_COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI_RANI NURUL AJMI_BAB I.pdf

Download (658kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI_RANI NURUL AJMI_BAB II.pdf

Download (753kB) | Preview
[img] Text
SKRIPSI_RANI NURUL AJMI_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (793kB)
[img] Text
SKRIPSI_RANI NURUL AJMI_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI_RANI NURUL AJMI_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (584kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI_RANI NURUL AJMI_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (638kB) | Preview
[img] Text
SKRIPSI_RANI NURUL AJMI_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Efektivitas Penerapan Scaffolding Dalam Kegiatan Mendongeng Terhadap Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini. Penelitian ini bertujuan untuk mendesripsikan dan mengkaji efektivitas penerapan scaffolding dalam kegiatan mendongeng terhadap kemampuan bahasa anak usia dini. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah penerapan scaffolding dalam kegiatan mendongeng terhadap kemampuan bahasa anak usia dini efektif karena terdapat perbedaan yang signifikan pada peningkatan kemampuan bahasa anak usia dini. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak TB QiTa Kabupaten Banyumas Semester Genap Tahun Akademik 2017 – 2018. Sampel dalam penelitian ini adalah kelompok A TB QiTa dengan jumlah 15 anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pre experimental design (non designs) dengan model one group pretest posttest design. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi terstruktur dan dokumentasi dengan menggunakan instrument rating scale untuk mengukur kemampuan bahasa anak usia dini. Dari hasil uji validitas diperoleh rtabel pada taraf signifikasi 5% = 0,950, rtabel pada taraf signifikasi 1% = 0,990 dan rhitung = 1, sehingga rhitung > rtabel dan rhitung berada pada rentang antara 0,800 sampai dengan 1,000 yang artinya tingkat kevalidan instrumen sangat tinggi dan dapat digunakan untuk penelitian. Hasil analisis yang telah dilakukan pada efektivitas penerapan scaffolding dalam kegiatan mendongeng terhadap kemampuan bahasa anak usia dini diperoleh ttabel pada taraf signifikasi 5% = 1,7613, ttabel pada taraf signifikasi 1% = 2,6245, dan thitung = 26,80, maka Ha diterima karena thitung > ttabel dan rata-rata nilai posttest > rata-rata nilai pretest yaitu 38,87 > 24,40. Sehingga dari hasil analisis data, hipotesis alternatif (Ha) terbukti, yaitu bahwa penerapan scaffolding dalam kegiatan mendongeng terhadap kemampuan bahasa anak usia dini efektif karena terdapat perbedaan yang signifikan pada peningkatan kemampuan bahasa anak usia dini.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Yuki Widiasari, S.Sos., M. A., & Drs. Daliman, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: penerapan scaffolding dalam kegiatan mendongeng, kemampuan bahasa anak usia dini
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Amri Hariri, SIP.
Date Deposited: 27 Jul 2019 04:05
Last Modified: 27 Jul 2019 04:05
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/8872

Actions (login required)

View Item View Item