IMPLEMENTASI DASADARMA PRAMUKA DALAM PEMBENTUKAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN KELAS V SD NEGERI 02 WARUNGPRING

HIDAYAT, CANDRA (2019) IMPLEMENTASI DASADARMA PRAMUKA DALAM PEMBENTUKAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN KELAS V SD NEGERI 02 WARUNGPRING. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (672kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (780kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (694kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (929kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (611kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (612kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui implementasi dasadarma pramuka dalam pembentukan karakter, khususnya sikap peduli lingkungan kelas V. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Partisipan yang terlibat dalam penelitian ini adalah guru kelas V, kepala sekolah, pelatih pramuka, dan peserta didik kelas V. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara,dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan metode triangulasi teknik dan sumber. Teknik analisis yang diterapkan adalah model interaktif Miles and Huberman, yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa adanya implementasi dasadarma pramuka dalam pembentukan karakter pada SD Negeri 02 Warungpring. Hal tersebut terlihat dari hasil penelitian pada lingkungan sekolah atau lingkungan tempat tinggal peserta didik, dimana peserta didik melakukan berbagai kegiatan yang merupakan wujud pengamalan dasadarma pramuka terhadap pelestarian lingkungan. Contohnya seperti kegiatan piket kebersihan, membuang sampah pada tempatnya, dan kegiatan merawat lingkungan. Sikap peduli lingkungan perlu ditanamkan sejak dini, mengingat kerusakan lingkungan saat ini sangat memprihatinkan. Faktor yang mendukung implementasi dasadarma terhadap pembentukan sikap peduli lingkungan yaitu: ketersediaan sarana prasarana, platih yang kompeten, dan kesiapan peserta didik mengikuti kegiatan pramuka. Kemudian faktor penghambat implementasi dasadarma terhadap pembelajaran, yaitu: kurangnya dana, pelatih yang berhalangan hadir, dan peserta didik yang kurang siap mengikuti kegiatan pramuka.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Pratik Hari Yuwono, S.Sn M.A dan Tri Yuliansyah Bintaro, M.Pd
Uncontrolled Keywords: pendidikan pramuka, pendidikan karakter, implementasi dasadarma, faktor pendukung, faktor penghambat
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 25 Jul 2019 01:40
Last Modified: 25 Jul 2019 01:40
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/8842

Actions (login required)

View Item View Item