UPAYA MENINGKATKAN RASA INGIN TAHU DANPRESTASI BELAJAR IPA MATERI BENDA DAN SIFATNYA MELALUI PENERAPAN METODE DISCOVERY DI KELAS V SEKOLAH DASAR

WITANA, ILYAS WINGIT (2016) UPAYA MENINGKATKAN RASA INGIN TAHU DANPRESTASI BELAJAR IPA MATERI BENDA DAN SIFATNYA MELALUI PENERAPAN METODE DISCOVERY DI KELAS V SEKOLAH DASAR. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Wingit Ilyas Witana Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Wingit Ilyas Witana BAB I.pdf

Download (587kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Wingit Ilyas Witana BAB II.pdf

Download (847kB) | Preview
[img] Text
Wingit Ilyas Witana BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Wingit Ilyas Witana BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Wingit Ilyas Witana BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (576kB)
[img]
Preview
Text
Wingit Ilyas Witana DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (575kB) | Preview
[img] Text
Wingit Ilyas Witana LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Sikap rasa ingin tahu dan prestasi belajar IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) siswa kelas V SD Negeri 1 Kejawar Banyumas termasuk dalam kategori kurang. Sebagian besar siswa kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran, seperti dalam hal bertanya dan menyampaikan pendapat. Hasil prestasi belajar IPA banyak yang tidak mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yang telah ditentukan sekolah yaitu 70. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap rasa ingin tahu dan prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri 1 Kejawar Banyumas pada mata pelajaran IPA materi benda dan sifatnya melalui metode discovery . Subyek yang digunakan dalam penelitian berjumlah 28 siswa yang terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Setiap tindakan terdiri dari 2 siklus, 1 siklus terd iri dari 2 pertemuan, dan 1 pertemuan terdiri dari 2 jam pelajaran (2x35 menit). Teknik pengumpulan data diperoleh melalui tes, observasi, angket dan dokumentasi. Data rasa ingin tahu siswa diperoleh dari angket rasa ingin tahu, prestasi belajar IPA diperoleh dari hasil tes evaluasi, sedangkan aktivitas guru dan siswa diperoleh dari lembar observasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian, rasa ingin tahu siswa pada siklus I diperoleh rata-rata 2,86 yang termasuk dalam kriteria baik. Hasil rasa ingin tahu siswa siklus II diperoleh rata-rata 3,42 yang termasuk dalam kriteria sangat baik. Hasil prestasi belajar pada siklus I diperoleh rata-rata nilai 77,1 dengan kriteria baik dan ketuntasan mencapai 78,6%. Hasil prestasi belajar siklus II diperoleh rata-rata nilai 81,3 dengan kriteria baik sekali dan ketuntasan mencapai 85,7%. Hasil ini menunjukan bahwa penggunaan metode pembelajaran discovery dapat meningkatkan rasa ingin tahu dan prestasi belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 1 Kejawar Banyumas materi Benda dan Sifatnya.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Subuh Anggoro, M. Pi, M. Pd. dan Pratik Hari Yuwono, MA.,
Uncontrolled Keywords: Rasa Ingin Tahu, Prestasi Belajar, IPA SD, Discovery
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 28 Feb 2017 07:39
Last Modified: 28 Feb 2017 07:39
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/880

Actions (login required)

View Item View Item