PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE (VCT) TIPE PERCONTOHAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR DAN TANGGUNG JAWAB SISWA KELAS IV SD N 1 TINGGARJAYA MATERI GLOBALISASI MATA PELAJARAN PKN

PERMATASARI, DESTY RATNA (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE (VCT) TIPE PERCONTOHAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR DAN TANGGUNG JAWAB SISWA KELAS IV SD N 1 TINGGARJAYA MATERI GLOBALISASI MATA PELAJARAN PKN. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
DESTY RATNA PERMATASARI_COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DESTY RATNA PERMATASARI_BAB I.pdf

Download (541kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DESTY RATNA PERMATASARI_BAB II.pdf

Download (585kB) | Preview
[img] Text
DESTY RATNA PERMATASARI_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (669kB)
[img] Text
DESTY RATNA PERMATASARI_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (748kB)
[img] Text
DESTY RATNA PERMATASARI_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (536kB)
[img]
Preview
Text
DESTY RATNA PERMATASARI_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (536kB) | Preview
[img] Text
DESTY RATNA PERMATASARI_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) tipe percontohan terhadap prestasi belajar dan tanggung jawab siswa kelas IV SD N 1 Tinggarjaya mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) materi globalisasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian Randomized Control Group Pre tes –Post test Design. Subyek penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SD N 1 Tinggarjaya tahun ajaran 2014/2015 yang terdiri dari dua kelas yaitu siswa kelas IVA yang berjumlah 32 dan siswa kelas IVB yang berjumah 33. Kelas IVA dijadikan sebagai kelas kontrol dan kelas IVB dijadikan sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data prestasi beajar siswa menggunakan pos tes dengan bentuk soal isian singkat dan uraian yang berjumlah 10 soal, sedangkan teknik pengumpulan data sikap tanggung jawab siswa dilakukan melalui teknik angket. Data yang telah diperoleh dianalisis untuk menguji hipotesis menggunakan rumus uji t. Berdasarkan hasil perhitungan uji t didapatkan hasil untuk prestasi belajar siswahitungt > tabeltatau 3,28 > 1,658 dan sikap tanggung jawab siswa yaitu hitungt > tabelt atau 2,16 > 1,658 hal ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran VCT tipe percontohan berpengaruh terhadap prestasi belajar dan tanggung jawab siswa kelas IV SD N 1 Tinggarjaya mata pelajaran PKn materi globalisasi.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Pamujo,M.M.,M.Pd. dan Okto Wijayanti,S.Pd.,M.A.
Uncontrolled Keywords: Value Clarification Technique (VCT) tipe percontohan, Prestasi Belajar, Tanggung jawab, Pkn, Globalisasi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Nur Hardiansyah
Date Deposited: 06 Jul 2019 03:12
Last Modified: 06 Jul 2019 03:12
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/8755

Actions (login required)

View Item View Item