MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA KD MENDESKRIPSIKAN PROSES DAUR AIR DAN KEGIATAN MANUSIA YANG DAPAT MEMPENGARUHINYA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN POGIL KELAS V SD N 1 PAJERUKAN

PUTRI, TIAS KARTIKA RIAYAN (2015) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA KD MENDESKRIPSIKAN PROSES DAUR AIR DAN KEGIATAN MANUSIA YANG DAPAT MEMPENGARUHINYA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN POGIL KELAS V SD N 1 PAJERUKAN. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
TIAS KARTIKA RIAYAN PUTRI_COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
TIAS KARTIKA RIAYAN PUTRI_BAB I.pdf

Download (539kB) | Preview
[img]
Preview
Text
TIAS KARTIKA RIAYAN PUTRI_BAB II.pdf

Download (624kB) | Preview
[img] Text
TIAS KARTIKA RIAYAN PUTRI_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (663kB)
[img] Text
TIAS KARTIKA RIAYAN PUTRI_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
TIAS KARTIKA RIAYAN PUTRI_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (529kB)
[img]
Preview
Text
TIAS KARTIKA RIAYAN PUTRI_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (537kB) | Preview
[img] Text
TIAS KARTIKA RIAYAN PUTRI_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (22MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA KD mendeskripsikan proses daur air dan kegiatan manusia yang dapat mempengaruhinya melalui model pembelajaran POGIL. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SD Negeri 1 Pajerukan yang terdiri dari 26 siswa dengan 17 siswa laki–laki dan 9 siswa perempuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Dalam penelitian ini alat yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa ranah afektif adalah dengan menggunakan lembar penilaian afektif. Untuk mengukur hasil belajar siswa ranah kognitif dengan menggunakan soal evaluasi yang diberikan pada setiap akhir siklus. Selain itu juga, mengunakan lembar penilaian observasi aktifikas siswa dan guru untuk pengumpulan data. Berdasarkan hasil penelitian, hasil belajar kognitif siklus I diperoleh rata–rata sebesar 68,2 dengan persentase 69,2% dan pada siklus II diperoleh rata–rata 72,1 dengan persentase 80,7%. Hasil belajar siswa ranah afektif pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 2,83 dengan kriteria baik dan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 3,3 dengan kriteria sangat baik. Dengan demikian model pembelajaran POGIL dapat meningkatkan hasil belajar IPA KD mendeskripsikan proses daur air dan kegiatan manusia yang dapat mempengaruhinya di kelas V SD Negeri 1 Pajerukan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Subuh Anggoro,M.Pi.,M.Pd. dan Drs. Supriatna, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar IPA KD, Model Pembelajaran Pogil. Proses Daur Air
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Nur Hardiansyah
Date Deposited: 06 Jul 2019 01:47
Last Modified: 06 Jul 2019 01:47
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/8749

Actions (login required)

View Item View Item