UPAYA MENINGKATKAN RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR BAHASA JAWA MATERI MENULIS AKSARA JAWA MELALUI METODE SAS (STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK) DI KELAS V SD NEGERI 2 KALIGONDANG

WIDIASIH, HENING SETIO (2015) UPAYA MENINGKATKAN RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR BAHASA JAWA MATERI MENULIS AKSARA JAWA MELALUI METODE SAS (STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK) DI KELAS V SD NEGERI 2 KALIGONDANG. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
HENING SETIO WIDIASIH_COVER.pdf

Download (964kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HENING SETIO WIDIASIH_BAB I.pdf

Download (625kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HENING SETIO WIDIASIH_BAB II.pdf

Download (843kB) | Preview
[img] Text
HENING SETIO WIDIASIH_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
HENING SETIO WIDIASIH_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
HENING SETIO WIDIASIH_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (615kB)
[img]
Preview
Text
HENING SETIO WIDIASIH_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (620kB) | Preview
[img] Text
HENING SETIO WIDIASIH_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya rasa ingin tahu dan prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri 2 Kaligondang. Tujuan penelitian: meningkatkan rasa ingin tahu dan prestasi belajar Bahasa Jawa materi menulis aksara jawa melalui metode SAS Struktural Analitik Sintetik. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 2 Kaligondang dengan jumlah 23 siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan, setiap pertemuan 2 jam pelajaran. Prosedur pelaksanaan setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data diperoleh dari lembar observasi guru dan siswa. Untuk data hasil rasa ingin tahu dan prestasi belajar siswa diperoleh dari hasil tes evaluasi dan angket di setiap akhir siklus. Adapun hasil siklus I menghasilkan data untuk rasa ingin tahu dan prestasi belajar sebagai berikut: Rasa ingin tahu siswa rata-ratanya 28,51. Ketuntasan belajar pada siklus I sebesar 60,86% menghasilkan rata-rata 68,65. Hasil pada siklus II menghasilkan data untuk rasa ingin tahu dan prestasi belajar siswa sebagai berikut: Rasa ingin tahu siswa rata-ratanya 34,13. Ketuntasan belajar pada siklus II sebesar 86,95 % menghasilkan rata-rata 80,47. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa metode Struktural Analitik Sintetik dapat meningkatkan rasa ingin tahu dan prestasi belajar Bahasa Jawa siswa kelas V SD Negeri 2 Kaligondang.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sri Harmianto, M.Pd. dan Drs. Pamujo, M.M.,M.Pd.
Uncontrolled Keywords: rasa ingin tahu, prestasi belajar, bahasa jawa, metode sas (struktural analitik sintetik)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Nur Hardiansyah
Date Deposited: 06 Jul 2019 01:11
Last Modified: 06 Jul 2019 01:11
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/8745

Actions (login required)

View Item View Item